Sukses

Penanganan Angin Duduk

06 Sep 2018, 09:31 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya kena angin duduk, cara ngobatin nya pake apa ya dok? makasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang angin duduk dan penanganannya melalui fitur Tanya Dokter. 

Angin duduk atau dalam istilah medis disebut sebagai angina pektoris. Angina pektoris adalah gejala nyeri dada yang muncul akibat gangguan jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian yang disebut dengan Angina. Penyebab nyeri adalah berkurangnya aliran darah ke jantung (bisa terjadi karena penyempitan pembuluh darah oleh mediator kimia maupun oleh pembekuan darah)

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual.

Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti: merokok, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi, riwayat keluarga menderita penyakt jantung koroner pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita).

Untuk mengatasi 'angin duduk' ini pertama-tama diberikan obat-obatan yang memiliki efek untuk melebarkan pembuluh darah (misalnya nitrogliserin), serta obat-obatan yang ditujukan untuk melarutkan pembekuan darah yang dicurigai telah terjadi dan menutup aliran darah ke otot jantung.

Namun terkadang istilah angin duduk ini disalahartikan dengan masalah 'masuk angin' atau dispepsia. Untuk itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai angin duduk dan penanganannya. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar