Sukses

Keputihan Pada Bayi

05 Sep 2018, 19:49 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya punya balita usia 5bulan dari kemaluannya mengeluarkan cairan warna putih seperti keputihan dan sekarang cairannya berwarna hijau,, itu kenapa ya dok??

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai keputihan pada bayi melalui fitur tanya dokter. 

 

Keputihan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada balita, bahkan bayi. Keputihan adalah semua cairan yang keluar dari vagina selain darah. Keputihan dibedakan menjadi dua, yaitu keputihan fisiologi atau normal dan patologis atau penyakit.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental), tidak berbau, tidak panas, tidak gatal, serta tidak menimbulkan keluhan lainnya.

Keputihan pada anak dapat disebabkan karena faktor endogen (dari dalam) dan faktor eksogen (dari luar). Faktor dari dalam diantaranya karena perkembangan alat kelaminnya belum sempurna (bibir luar kemaluan belum berkembang) sehingga memudakan peradangan, kemaluannya belum ditumbuhi rambut yang berfungsi sebagai pelindung, letak lubang kemaluan dan anusnya masih sangat dekat sehingga mudah terkontaminasi bakteri atau kotoran dari anus. Faktor dari luar adalah infeksi dari bakteri, parasit, jamur, dan cacing. Penyebab lainnya adalah kondisi non-infeksi (yang paling sering terjadi)

 

apabila memang terdapat keluhan, maka kami sarankan agar ibu membawa anak ibu ke dokter  untuk diberikan obat sesuai dengan penyebab dari keputihan.

Demikian, semoga bermanfaat. 

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar