Sukses

HbsAg Reaktif

05 Sep 2018, 14:16 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok. Waktu itu saya mau donor darah untuk ke 2 kalinya tapi saya ditolak petugas pmi karena darah saya reaktif. Akhirnya saya melakukan pemeriksaan di salah satu rumah sakit di bekasi dan hasilnya HBsAg reaktif, COI 454,6. Dan saya dirujuk lagi untuk pemeriksaan HBeAg. Yg saya tanyakan reaktif dgn hasil 454,6 itu hepatitis b kah dok? Dan pemeriksaan HBeAg itu untuk apa ya dok? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang HbsAg Reaktif melalui fitur Tanya Dokter.

HBsAg merupakan bagian dari permukaan virus. Bila HBsAg negatif dan antibodi muncul (anti-HBs), maka dianggap sembuh. Dalam masa penyembuhan hepatitis B akut, saat kadar HBeAg (antigen HBe virus) menurun dan menjadi tak terdeteksi, anti-HBe muncul pada darah. Anti-HBe merupakan antibodi tubuh untuk melawan antigen HBe virus, umumnya tetap terdeteksi selama beberapa tahun setelah fase penyembuhan infeksi akut. 

Pada karier HBV dan pasien hepatitis B kronik, HBeAg positif umumnya menandakan adanya replikasi aktif virus dan potensi penularan yang tinggi. Sementara HBeAg negatif menandakan replikasi virus yang sangat minimal atau awal infeksi akut sebelum puncak replikasi virus. 

Anti-HBe positif umumnya menandakan hepatitis B kronik, penyembuhan dari infeksi akut, menandakan virus inaktif dan potensi penularan virus sangat rendah. Sementara anti-HBe positif disertai terdeteksinya HBV DNA dalam darah menandakan replikasi aktif virus di dalam tubuh pasien. 

Sebagai rangkuman, apabila hasil yang didapat seperti ini :

  • HBeAg reaktif/positif dan anti HBe non reaktif/negatif artinya Hepatitis B masih infeksius
  • HBeAg non reaktif/negatif dan anti HBe reaktif/positif artinya menderita Hepatitis B tapi potensi penularan virus sangat rendah, disebut dengan Hepatitis B carrier

Virus hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh yang terinfeksi, hal ini dapat terjadi pada keadaan;

Kontak langsung darah dengan darahHubungan seksual yang tidak amanPenggunaan jarum suntik tidak sterilTertusuk jarum suntik yang terinfeksiJarum yang terkontaminasi yang digunakan untuk membuat tatto, akupuntur, body piercingPada saat kehamilan, penularan dari ibu-janin pada proses melahirkanPenggunaan pisau cukur bersamaTranfusi darahVirus juga dapat ditemukan di cairan tubuh penderita (air liur, air seni), meski cara penularan yang terakhir ini jarang terjadi.

Namun untuk mengetahui status penyakit dan kesembuhan Anda yang lebih tepat, sebaiknya Anda berdiskusi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam yang menangani.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar HbsAg Reaktif. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Tut******sha

    dok..saat hamil hbsag saya reaktif,hbeag non reaktif,anti hbs non reaktif. dokter menyarankan pemberian vaksin hyperhep yang mahal itu setelah bayi saya lahir dan vaksin hep.bidan saya pun menyuntikkan nya yang telah berkoordinasi dengan rumah sakit. apakah dengan serangkaian vaksin ini anaknya saya terbebas dari hep c&hbsag nya bisa non reaktif dok? usia bayi saya sekarang 17 bulan