Sukses

Benjolan area vagina

05 Sep 2018, 10:17 WIB
Wanita, 22 tahun.

Maaf menganggu waktunya, Dok saya mau nanya. Dekat area vagina saya di bagianluarnya, lebih tepatnya dekat rambut kemaluan dikanan ( hampir diujung dkt belahan area vagina), ada benjolan yg bikin nyeri banget dok. Sebelumnya, benjolan tsb emang sudah ada dok udah lama tp dia sgt kecil dan ga menyakitkan, pokoknya waktu itu tidak menganggu saya, jd saya biarkan. Tetapi 4 hari yg lalu saya iseng menekan benjolannya kuat2 karna saya pikir itu mgkn semacam jerawat, hasilnya malah jd ngilu dan bengkak. Sejak itu saya tidak ada apa2innya lg dok, tp semakin hari semakin bengkak dan ngilu dok walaupun saya ga ngapa2in. Itu kenapa kira2 ya dok? Mohon jawabannya. Karna saya masih takut untuk pergi menge-cek nya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Sayang sekali kami tidak dapat menyatakan penyebab dari keluhan Anda, hal tersebut bisa terjadi karena alergi atau peradangan ataupun infeksi, karena dalam mendiagnosa kelainan kulit dan kelamin diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pengamatan UKK (Ujud Kelainan Kulit) yang seksama guna menegakkan diagnosa. Akan tetapi hubungan seksual dapat menyebabkan iritasi pada vagina sehingga menimbulkan rasa gatal. Gatal akan menghilang tidak lama setelah hubungan seksual selesai karena yang terjadi hanyalah iritasi ringan.

Benjolan yang berupa kutil atau bintil-bintil kecil di daerah vulva (sekitar vagina) dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, diantaranya:

•   Kondiloma akuminata (kutil kelamin)

•   Moluscum kontagiosum (infeksi virus pox)

•   Herpes simplex (infeksi virus herpes)

•   Skabies (infeksi oleh kutu)

•   Jerawat

Selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina, sebagai berikut :

•   Kista Bartholin Disebut juga "Abses Kelenjar Bartholin". Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul

•   Fibroma Merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

▪    Lipoma Merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak

•   Sarkoma Merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat

•   Adenocarcinoma Bartholin Merupakan tumor ganas dari kelenjar Bartholin.  

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke dokter umum atau dokter ahli karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat, dan sebagainya. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar