Sukses

Nyeri dada kiri

04 Sep 2018, 12:12 WIB
Pria, 25 tahun.

Assalamualaikum dok. Saya mau tanya dada saya selalu terasa sakit yg sebelah kiri saat batuk, bersin, tarik nafas agak dalam, tidur (kecuali posisi miring), dan saat dada sebelah kiri ditekan. Sebelumnya sempat demam tinggi 2 mlm (pagi reda malam demam lg) kemudian sakit batuk flu lebih dari 2 mnggu. Apa mungkin saya terkena TBC? Jika iya saya sebaiknya periksa ke mana?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah Anda merokok? Apakah nyeri dada muncul hanya jika berubah posisi? Apakah sebelumnya Anda melakukan aktifitas fisik atau olahraga berat? Apakah ada riwayat cedera atau trauma? 

Berikut ini adalah beberapa penyebab nyeri dada kiri:

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis

Untuk memastikan sebaiknya periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mungkin penunjang seperti foto rontgen dada, periksa dahak untuk mengetahui penyebab nyeri dada yang Anda rasakan sehingga Anda akan mendapatkan terapi yang optimal. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar