Sukses

Operasi Rekonstruksi ACL

05 Sep 2018, 07:39 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat Malem dokter Nama saya Ajik, satu minggu yang lalu saya menjalani Operasi Rekontruksi ACL di salah satu RS Orthopedi di daerah Solo. Sekarang alhamdulillah sudah di bawa pulang, Pada saat Setelah operasi sekitar 1-2 hari pasca hari operasi, kata dokter dan fisioterapi Perkembangan saya bagus. Kayak tidak mual pasca operasi, tidak pusing dan tidak merasakan ngilu yang berarti di bagian lutut yang menjalani operasi. Namun, Setelah seminggu berjalan Saya mulai merasakan ngilu dan pegal di area operasi. Yang paling kuat adalah nyeri di dalam lutut, nyeri dan ngilunya saya rasakan dari 3 hari yang lalu pasca pulang dari RS, setiap Setelah bangun tidur dan jam jam tertentu yang memaksa saya terbangun dari tidur saya, seperti jam 12 malam, 3 pagi. Yang saya mau tanyakan, Apa yang membutuhkan ngilu dan nyeri ya? Apakah hal tersebut wajar? Dan apakah latihan menekuk2 lutut dapat membuat ACL barunya menjadi kendor? (karena kata fisioterapi saya harus latihan menekuk minimal 45° sebanyak 30reps setiap harinya) Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar Operasi Rekonstruksi ACL menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Pada dasarnya, setelah operasi rekonstruksi ACL Anda didorong untuk bisa berjalan sesegera mungkin.

Mulailah berjalan dengan bantuan tongkat/kruk. Berikan beban berat badan semampu dan senyaman mungkin. Hal-hal berikut perlu diperhatikan:

Setelah operasi ACL, Anda akan mengalami pembengkakan dan nyeri pada lutut yang akan membatasi jumlah tekanan yang bisa Anda berikan pada kaki yang cedera. Oleh sebab itu, Anda memerlukan bantuan tongkat/kruk untuk berjalan pertama kali setelah operasi.Sebagian besar dokter bedah akan mendorong Anda untuk berjalan pada hari pertama pasca operasi dan memberikan beban berat badan semampu Anda, dengan bantuan kruk. Gunakan kruk selama Anda nyaman dan ini biasanya bervariasi, ada yang menggunakannya hanya beberapa hari, ada pula beberapa minggu.Penting untuk berjalan senormal mungkin. Untuk bisa berjalan normal, tapakkan kaki ke tanah dengan tumit dan kunci lutut saat kaki telah menapak.

Berikut tips agar Anda bisa berjalan normal sesegera mungkin:

  1. Berjalanlah sesegera mungkin pasca operasi, bisa secepat satu hari pasca operasi.
  2. Gunakan 2 kruk/penopang yang ditempatkan di kedua ketiak untuk berjalan pertama kali.
  3. Transisi ke penggunaan 1 kruk saja. Biasanya ini dapat dilakukan setelah 2 minggu.
  4. Berikan beban saat berjalan semampu mungkin.
  5. Untuk bisa berjalan normal, tapakkan tumit ke tanah dan kunci lutut saat melangkah.
  6. Kurangi pembengkakan dengan menggunakan elastic band dan mengompres dingin secara rutin 15-20 menit selama 4-5 kali sehari.
  7. Istirahat dan angkat tungkai, terutama di minggu pertama pasca operasi. Pastikan Anda pun tidur cukup agar tubuh Anda pulih betul dari operasi.
  8. Berjalan di dalam air/kolam renang (ketinggian air setinggi pinggang) setelah 3 minggu dari waktu operasi, yakni setelah luka jahitan betul-betul menyembuh/kering dan tidak ada komplikasi.

Secara umum, Anda dapat berjalan normal tanpa bantuan apapun dalam waktu 3-5 minggu pasca operasi. Namun, batasan ini tentunya bervariasi antar individu.

Jangan lupa untuk kontrol rutin dengan dokter Anda agar pemulihan berjalan sempurna.

Baca juga:

Rehabilitasi Pasca Cedera Lutut

Demikian informasi seputar Operasi Rekonstruksi ACL yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar