Sukses

Apakah Sirosis Hati Menular?

05 Sep 2018, 06:50 WIB
Pria, 22 tahun.

dok, saya skrg sedang menggunakan alas kasur bekas nenek saya yg terkena penyakit hati apakah itu bisa menular apa tidak ?

Terima kasih telah bertanya seputar Apakah Sirosis Hati Menular? menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Sirosis hati merupakan suatu kondisi terminal dari penyakit hati kronik. Di Indonesia, seringkali penyakit ini disebabkan oleh infeksi hepatitis B dan C. Jika pada nenek anda dapat dipastikan bahwa penyebab bukan karena hepatitis, maka sirosis hati itu sendiri tidaklah menular. Yang menular, adalah virus hepatitis yang ada dalam tubuh penderita hepatitis yang bisa saja telah mengalami sirosis tersebut. Untuk memastikannya, anda dapat terlebih dahulu bertanya kepada dokter yang merawat nenek anda, apa penyebab sirosis yang diderita nenek anda.

Kemudian, anda dapat melakukan pemeriksaan kepada dokter. Untuk menilai ada/tidaknya gejala dan tanda dari penyakit (misalnya gangguan hati) yang terjadi pada anda. Mungkin saja dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang untuk anda lakukan, seperti pemeriksaan darah (melihat fungsi hati, ada/tidaknya virus hepatitis dalam tubuh, atau antibodi terhadap virus hepatitis) dan USG perut jika dibutuhkan.

Untuk itu, segeralah memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Demikian informasi seputar Apakah Sirosis Hati Menular? yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar