Sukses

Cara Diet Untuk Anak

05 Sep 2018, 06:06 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya, anak laki-laki saya berumur 3 tahun dengan tinggi -+ 98cm dengan berat 21kg, saya ingin bertanya bagaimanakah cara diet anak yg baik seusianya, karena saya takut nantinya akan lebih over weight lagi, jika minum susunya(malam sebelum tidur) dihentikan apakah akan berimbas pada fisik dan otaknya ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar cara diet untuk anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam menurunkan berat badan, prinsipnya adalah mengurangi asupan energi serta meningkatkan keluaran energi. Caranya adalah dengan pengaturan diet, peningkatan aktivitas fisik, mengubah pola hidup (modifikasi perilaku), dan keterlibatan keluarga dalam proses terapi.

Pengaturan Diet

Langkah awal adalah untuk menumbuhkan motivasi anak untuk ingin menurunkan berat badan setelah anak mengetahui berat badan ideal yang disesuaikan dengan umur dan tinggi badannya. Kemudian membuat kesepakatan bersama berapa target penurunan berat badan yang dikehendaki.

Pengaturan diet kalori sesuai kebutuhan normal, pengurangan kalori 200 – 500 kalori per hari dengan target penurunan berat badan 0,5 kg per minggu. Penurunan berat badan ditargetkan sampai mencapai kira-kira 10% di atas berat badan ideal atau cukup dipertahankan agar tidak bertambah, karena pertumbuhan linier masih berlangsung. Diet tinggi serat.

Prinsip pengaturan diet:

  • Mempertahankan berat badan dan pertumbuhan normal
  • Masukan makanan dengan kandungan karbohidrat rendah (48% energi total)Menurunkan masukan lemak (<30% energi total) dengan lemak tak jenuh (10% energi total), kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari
  • Meningkatkan makanan tinggi serat
  • Makanan dengan mengandung kandungan garam cukup (5 g per hari)
  • Meningkatkan masukan besi, kalsium, dan fluor

Pengaturan aktivitas fisik

Dengan melakukan latihan dan meningkatkan aktivitas harian. Latihan fisik disesuaikan dengan tingkat perkembangan motorik, kemampuan fisik dan umurnya. Anak usia sekolah dasar dapat memulai dengan ketrampilan otot seperti bersepeda, berenang, menari, karate, sepakbola, basket. Mulai usia 10 tahun olahraga dalam bentuk kelompok. Aktivitas sehari-hari dioptimalkan seperti berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah, mengurangi lama menonton televisi atau bermain games komputer, menganjurkan bermain di luar rumah setidaknya 20 – 30 menit sehari.

Modifikasi perilaku

  • Pengawasan sendiri terhadap berat badan, masukan makanan, aktivitas fisik, serta mencatat perkembangannya
  • Kontrol terhadap rangsangan dan stimulus misalnya saat menonton TV tidak sambil makan
  • Mengubah perilaku makan, misalnya pasien yang makannya cepat dianjurkan untuk lebih lambat, belajar mengontrol porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi, mengurangi makanan camilan
  • Penghargaan dan hukuman, yaitu orangtua dianjurkan untuk memberikan dorongan, pujian terhadap keberhasilan atau perilaku sehat yang diperlihatkan oleh anaknya.
  • Pengendalian diri, misalnya dapat mengatasi masalah bila menghadapi rencana bepergian atau pertemuan sosial yang memberikan risiko untuk makan terlalu banyak, yaitu dengan memiliki makanan yang berkalori rendah atau mengimbanginya dengan melakukan latihan tambahan untuk membakar energi.

Peran orang sekitar

Orangtua menyediakan nutrisi yang seimbang, rendah lemak, dan sesuai dengan petunjuk ahli gizi. Anggota keluarga ikut berpartisipasi dalam program diet, mengubah perilaku makan dan aktivitas yang mendukung keberhasilan anak. Guru dan teman sekolah juga diharapkan ikut mendukung misalnya dengan memberikan pujian bila anak berhasil mengikuti program diet dan menurunkan berat badannya.

Susu

Susu merupakan salah satu sumber gizi yang disarankan untuk dikonsumsi rutin agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam susu sapi yaitu protein, lemak, kalsium, asam amino, vitamin dan mineral lainnya.

Jika anda mempunyai kebiasaan untuk mengkonsumsi susu, maka hal tersebut merupakan hal yang baik. Namun anda perlu berhati-hati dalam pemilihan jenis susu serta membatasi jumlah konsumsi harian. Anda dapat memilih jenis susu sapi yang telah mengalami proses sterilisasi, atau susu kedelai. Sebaiknya hindari susu kaleng, karena umumnya nutrisi yang dominan terkandung adalah glukosa. Anda dapat membaca kandungan nutrisi pada kemasan susu sebelum memilihnya. Sedangkan jumlah harian, Cukup dengan minum secangkir susu setiap harinya, anda kemudian telah dapat merasakan manfaat dari susu.

Jika Anda bingung dalam menentukan diet makanan apa saja yang baik untuk masa pertumbuhan sikecil lebih baik berkonsultasi langsung dengan ahli gizi yang tersedia di rumah sakit. Sebelumnya kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis anak sub tumbuh kembang untuk memastikan apakah anak sudah sesuai perkembangan dengan usianya.

Demikian informasi seputar cara diet untuk anak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar