Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik

04 Sep 2018, 16:49 WIB
Wanita, 27 tahun.

Assalamualaikum...dok,saya sdh lepas kb suntik 3 bln sejak april 2018.selama kb sya flek terus dok n vagina sya terasa lama kelamaan kering..sya kb slma 2 tahun...mulai bulan juni kemarin sya sdh dpt haid dok tp tidak teratur n sblm haid itu disekitar vagina kadang terasa nyeri seperti tertarik sampai perut bawah kanan yg hilang timbul..sblmny sya sc dok..haid 12 juni cuma bercak gitu aj dok sehari aja, 23 juli agak bnyak sekitar 6 hr bersih,17 agustus haid tp cm dikit2 slma 5 hr..dan pagi td tgl 4 sep ad drh lgi dok...normalkah itu dok?kenapa siklus sya berantakan,padahal sebelum kb haid sya teratur dokter..terimakasih..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. 

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Apabila saat ini Anda masih berada dalam waktu 6-12 bulan pasca pemakaian suntikan KB dihentikan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun apabila sudah melewati jangka waktu 6-12 bulan, siklus haid Anda belum kembali normal juga, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar