Sukses

Penanganan Vertigo

04 Sep 2018, 13:51 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, mama saya kan awalnya darah rendah. Lalu saat di rumah mama saya memiliki gejala seperti vertigo, yaitu bagian wajah kesemutan, pusing, mual, dan rasanya ingin pingsan. Lalu saya bawa ke rs, sampai di situ mama saya diperiksa katanya terkena asam lambung,awalnya. Singkatnya lalu mama saya opname dan di simpulkan terkena vertigo, saat obat bius masuk pertana kali di infus mama saya memiliki gejala jantung berdetak kencang dan seperti hampir sesak nafas. Lalu di tenangkan dan tidak di pakai lagi obatnya. Setelah itu saat minum obat malam, mama saya memiliki gejala yg sama setelah meminum obat tersebut sekitar 1 jam setelah meminum.. Apakah itu vertigo? Lalu apa yang menyebabkan vertigo bisa sesak nafas? Lalu kenapa setelah obat dimasukkan malah terjadi jantung berdetak kencang dan seperti hampir sesak nafas? Penyakit apa ini?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penanganan vertigo melalui fitur Tanya Dokter.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otakVertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigoPada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penanganan vertigo. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar