Sukses

Asma Sering Kambuh
04 Sep 2018, 10:21 WIB
Pria, 34 tahun.

sudah sebulan saya terjaga malam kerana serangan asthma .pakai inhaler pun tidak berkesan.batuk semakin teruk dan tidak berhenti .selsema menjadi jadi.dada semakin sakit dan ketat ,saya juga menghidap jantung berlubang vsd

Terimakasih telah bertanya seputar mengatasi asma melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keluhan Anda.

Yang Anda alami ialah batuk disertai sesak nafas dan bunyi ngik-ngik saat bernafas. Kondisi ini menandakan Anda mengalami asma bronkial. Keluhan batuk dan sesak nafas memang kerap muncul di dini hari ketika lingkungan relatif dingin dan hormon kortisol (yang berfungsi menekan peradangan) berada di kadar terendah. Menjelang siang, kadar hormon ini akan meningkat kembali sehingga biasanya penderita asma tidak merasakan keluhan di sepanjang siang hingga malam hari.

Yang perlu diketahui adalah apa pemicu asma Anda. Pemicu asma bisa berasal dari apa yang terhirup di kamar Anda, bisa dari tungau debu rumah, debu itu sendiri, atau alergen lain. Sebaiknya, Anda tidak menaruh banyak barang di dalam kamar yang berpotensi menumpuk debu. Buku-buku juga sebaiknya ditaruh di luar kamar. Untuk sprei diganti 2 minggu sekali dan bila menggunakan kasur busa/kapuk hendaknya dijemur 2 minggu sekali di bawah sinar matahari.

Jika asma sering kambuh, sebaiknya Anda berkonsultasi pula dengan dokter yang merawat karena mungkin butuh obat yang mengendalikan reaksi alergi tersebut tidak hanya untuk melegakan pernafasan saat serangan.

Baca juga:

Macam Obat Asma4 Tip Tepat untuk Mengatasi AlergiDemikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mengatasi asma. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar