Sukses

Pertanyaan - #261199

02 Sep 2018, 07:02 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok mau tanya. Hasil lab saya SGOT 35 SGPT 45 Hbsag -. Apakah itu berbahaya dok? Apa itu gejala hepatitis? Dan obat apa yg bsa menurunkan nya? Trima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang SGOT SGPT Meningkat melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah peningkatan SGPT dan SGOT diatas nilai normal. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai SGPT dan SGOT.

Nilai SGPT dan SGOT

SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis. Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu:

SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadarnya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah. Secara laboratoris pemeriksaan enzim hati pada hepatitis akut didapati adanya peninggian SGOT dan SGPT sampai 20-50 kali normal dengan SGPT lebih tinggi SGOT daripada SGPT (SGOT/SGPT < 0,7). Untuk menurunkan SGOT dan SGPT, maka hal yang paling utama adalah mengetahui penyebab kerusakan sel hati yang menyebabkan munculnya nilai SGOT dan SGPT yang tinggi. Karena begitu beragamnya penyebab kerusakan sel hati (mulai dari infeksi, imunitas, kebiasaan minum alkohol, makan yang tidak bersih, meminum obat-obatan yang bersifat racun pada hati secara kronik), maka sulit untuk mengetahui penyebabnya tanpa pemeriksaan langsung.

Terkait dengan keluhan Anda untuk sementara perbanyak waktu istirahat Anda, namun alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, serta pemeriksaan laboratorium yang dibutuhkan. Pemeriksaan darah hanya merupakan pemeriksaan penunjang, untuk menegakkan diagnosa suatu penyakit dibutuhkan adanya wawancara medis secara detail dan pemeriksaan fisik menyeluruh. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar SGOT SGPT Meningkat,semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar