Sukses

Penyebab Oligomenorea

04 Sep 2018, 01:04 WIB
Wanita, 27 tahun.

Assalam'ualaikum. Dok, saya mengalami fase menstruasi 40-43 hari biasanya 28-35 hari normalnya, apa itu termasuk tidak normal? Ketika mesntruasi lagi sakit, rahim juga ikut sakit kadang kram, tapi kalo keadaan sehat selalu terdapat memar di badan. Saya juga pernah mengalami turun peranakan. Saya juga sudah 1 tahun 5 bulan menikah belum mempunyai keturunan. Bagaimana solusinya Dok? Terima kasih. Wassalamu'alaikum

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya seputar penyebab siklus haid yang memanjang melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari dan rata-rata berlangsung selama 2-7 hari. Bila haid 2 bulan sekali, berarti yang Anda alami adalah siklus haid yang memanjang atau disebut dengan oligomenore.

Melihat usia Anda, yaitu 18 tahun, masih termasuk kategori remaja. Pada remaja memang haid kadang tak menentu dan sulit diprediksi. (Baca: Siklus Haid pada Remaja)

Oligomenore dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

Ketidakseimbangan hormonalGangguan fungsi indung telur (ovarium)Mioma uteri - tumor jinak pada rahimPolip rahim - tumor jinak pada rahimAdenomiosis - biasa disertai dengan nyeri perut yang hebat pada saat haidPenggunaan IUD/spiralKomplikasi dari kehamilan (kehamilan ektopik)Kanker - kanker rahim, ovarium, serviks (leher rahim)Gangguan pembekuan darah - penyakit von WillebrandObat-obatan seperti obat antiradang, antikoagulan (anti pembekuan darah)Kondisi medis lain seperti penyakit radang panggul (PID), gangguan tiroid, endometriosis, dan gangguan hati/ginjalOlahraga yang berlebihanMemiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)Sedang hamil atau menyusuiStress psikologisBerat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Bila kondisi ini telah dialami bertahun-tahun, ada baiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi. Bila memang organ-organ kandungan semua baik, kemungkinan yang Anda alami hanya gangguan hormonal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab siklus haid yang memanjang. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar