Sukses

Penyebab Tremor

04 Sep 2018, 00:57 WIB
Wanita, 16 tahun.

tangan saya akhir-akhir ini suka tremor tetapi tidak setiap hari dan kadang suka diikuti dengan vertigo. tremornya biasanya terjadi selepas maghrib. saya juga memiliki penyakit maag kronis, asma dan dulu saya suka sesak tetapi skrg sudah berkurang. kira-kira kenapa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai penyebab tremor melalui fitur Tanya DokterHalo

Keluhan tangan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa. Tremor atau bergetarnya satu bagian dari tubuh merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti :

Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hipoglikemi, dan banyak hal lain.Kelainan psikis seperti gugup, stres.Kurang tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda.Untuk sementara ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi tremor, seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, istirahatkan tangan bila sudah mulai bergetar dan konsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B12 dan / atau B6.

Jika keluhan dirasakan menganggu, konsultasikan diri Anda ke Dokter Spesialis Saraf untuk pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk menegakkan diagnosis. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penyebab tremor. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar