Sukses

Penanganan Keratitis

04 Sep 2018, 00:46 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat Pagi Dok, saya mau tanya tentang bagaimana cara menyembuhkan kornea mata yang tergores dan obat mata apa yang dianjurkan oleh Dokter...Makasih Dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

 

Keratitis adalah peradangan pada kornea mata. Kornea itu sendiri merupakan lapisan jernih dan berbentuk kubah, yang terletak di bagian terdepan mata (di depan bagian kecokelatan mata). Kornea mata memegang peranan yang penting dalam proses penglihatan.

Ada dua jenis keratitis, yaitu:

Keratitis tidak menular. Cedera pada mata biasanya dapat menimbulkan keratitis tidak menular.Keratitis menular. Cedera pada mata atau keratitis tidak menular yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi buruk dan mengalami infeksi yang akhirnya berubah menjadi keratitis menular.PenyebabKeratitis dapat terjadi akibat infeksi kuman maupun akibat noninfeksi (seperti mata kering, trauma, toksisitas obat, iritasi lensa kontak, alergi). Adapun kuman yang dapat menyebabkan keratitis adalah bakteri (terutama streptokokus, pseudomonas, enterobakter, klebsiella, proteus, stafilokokus), virus (contohnya herpes simpleks dan herpes zoster), jamur (candida albicans, fusarium, aspergillus), dan parasit.

Masuknya kuman ke mata tidak berarti selalu menyebabkan terjadinya keratitis. Kornea mata menjadi lemah terhadap serangan kuman bila sebelumnya telah ada iritasi atau kerusakan yang mendahului. Misalnya trauma pada mata akibat tergores, penggunaan lensa kontak yang tidak sesuai anjuran pemakaian, serta iritasi bahan/  cairan kimia pada mata.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan sebelum mengunjungi dokter spesialis mata adalah dengan mengistirahatkan mata dan melindungi mata agar tidak terdapat penambahan debu atau kotoran. Misalnya dengan menggunakan kacamata temporer.

Bila terdapat banyak kotoran mata yang menyulitkan untuk membuka mata, Anda bisa menyekanya dengan kapas lembut yang dibasahi air bersih. Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum membersihkan kotoran berlebihan ini. Hindari mengucek mata.

Bila melihat tanda-tanda yang mengarah pada keratitis, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata agar memperoleh pertolongan secepatnya. Sebab keratitis merupakan proses yang mengancam penglihatan. Pada keratitis akibat bakteri yang virulen (memiliki daya infeksi yang kuat), kerusakan menyeluruh kornea dapat terjadi sempurna dalam 24–48 jam.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar