Sukses

Nyeri Saat Sujud

03 Sep 2018, 23:14 WIB
Pria, 25 tahun.

assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatuh. setelah saya diperiksa saya tidak mengalami polip/sinus tapi saya merasa seperti dibalik tulang wajah saya seperti ada daging lebih yang menutupi saluran pernafasan sehingga setiap kali saya melakukan gerakan sujud waktu sholat sangat sakit dan itu juga mengakibatkan di belakang leher saya sakit seperti ada penyempitan pembuluh darah, saya ingin melakukan langkah terakhir yaitu CT scan di bagian kepala dan MRI menurut dokter apakah langkah saya sudah tepat ataukah dokter punya saran lain? untuk pemeriksaan agar saya mengetahui dibalik tulang wajah saya ada tumor/daging lebih yang harus di buang/polip di bagian dalam??? sebab setelah saya melakukan ronsen x ray penyakit masih tidak terdeteksi,padahal dokter yang menangani saya itu christoper ahli THT dan dia saat ini bekerja di siloam international hospital dibekasi timur tempat saya tinggal,,,kalau masalah biaya alhamdulillah dicover sepenuhnya sama pemerintah jadi semahal apapun biaya ngak saya masalahin,mohon jawab semua pertanyaan saya makasih wassalamualaikumwarohmatullahhiwabarokatuh.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Nyeri Saat Sujud.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Nyeri kepala saat sujud di bagian dahi atau mata bisa juga disebabkan oleh sinusitis. 

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinusKurangnya oksigenPenurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. Kami tidak dapat memastikan terapi apa yang tepat untuk Anda karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung. Tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT lainnya untuk mendapat second opinion.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Nyeri Saat Sujud. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar