Sukses

Leukosit Tinggi Pada Anak

03 Sep 2018, 23:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya awal tahun 2018 anak saya dirawat dirumah sakit karena leukositnya mencapai 23000 karena ada nya infeksi di paru2, apakah leukosit diatas 20000 itu leukimia? Atau karna ada nya infeksi di paru2 nya?

Terima kasih telah bertanya tentang Leukosit Tinggi pada Anak melalui fitur Tanya Dokter

Leukosit (sel darah putih) tinggi dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya terdapat infeksi, peradangan, atau keganasan darah seperti leukemia. Penyebab paling sering peningkatan leukosit adalah infeksi. Yang perlu dilakukan untuk menurunkan leukosit adalah dengan mengatasi penyebabnya, misalnya diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi. Jika terjadi peradangan maka peradangan perlu diatasi dengan pengobatan. 

Selain itu leukosit yang tinggi juga dapat terjadi pada kanker darah. Kanker darah disebut juga leukemia. Pada dasarnya gejala dan tanda leukemia muncul sebagai akibat dari bertambah banyaknya sel leukemia itu sendiri serta racun yang dikeluarkan oleh sel kanker. Racun yang dimaksud adalah sitokin seperti interleukin atau tumor necrosing factor (TNF).

Sitokin berperan dalam memberikan gejala demam, berat badan turun, dan tidak napsu makan. Gejala lain yang dapat terjadi antara lain nyeri tulang, sakit kepala serta pembengkakan kelenjar getah bening yang biasa terlihat di ketiak atau leher. Tanda dan gejala tersebut lebih jelas terlihat pada pasien leukemia akut dibandingkan pada pasien leukemia kronik. Secara umum, terdapat beberapa gejala yang perlu dicermati oleh orangtua agar anak yang mengalami gejala leukemia dapat segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Gejala yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Lemah, pucat, mudah lelah, serta denyut jantung yang meningkat.
  • Sering mengalami demam dan sakit infeksi. Hal ini dikarenakan sel darah putih yang baik yang berguna sebagai pertahanan tubuh berkurang.
  • Tampak bintik-bintik merah, mimisan, biru-biru di beberapa bagian tubuh serta gusi yang sering berdarah.
  • Terkadang merasakan nyeri pada tulang.
  • Pembesaran kelenjar getah bening di ketiak atau leher, pembesaran hati dan juga limpa.

Gejala-gejala ini tidak selalu sama pada setiap individu dan juga tidak selalu timbul secara bersamaan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Leukosit Tinggi pada Anak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar