Sukses

Bengkak Pada Tulang Kering

03 Sep 2018, 18:44 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, semalam saya mengalami benturan pada tulang kering saya, dan saat itu juga kaki saya langsung bengkak dan sakit, tetapi saya masih bisa berjalan namun terasa sakit dan nyeri saat di tekan ataupun di gerakkan, dan bengkak yang ada pada tulang kering saya sudah mulai mengempis, apa sajakah yang harus saya lakukan untuk mengobati rasa sakit saya dan kapan kah waktunya saya bisa berjalan seperti biasa dok? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Bengkak Pada Tulang Kering.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Tulang kering yang terbentur rentan mengalami memar, nyeri, dan bengkak. Ini akibat tulang kering tidak banyak diselubungi oleh otot dan bantalan lemak. Ketika terjadi benturan, akan terasa sangat sakit sebab akan langsung bersentuhan dengan lapisan periosteum tulang (lapisan terluar) yang sangat banyak persarafan.

Dari riwayatnya sepertinya tidak ada cedera berarti pada Anda, termasuk patah tulang. Hanya saja, rasa nyerinya membuatnya sulit berjalan. Untuk mengurangi memar, nyeri, dan bengkak Anda dapat melakukan 'RICE', yaitu:

  • Rest.Istirahatkan lutut Anda sebisa mungkin, jangan berikan beban/aktivitas yang berlebihan.
  • Ice. Gunakan kompres es batu yang dibungkus handuk selama 20 menit, beberapa kali sehari. 
  • Compression. Untuk mencegah bengkak dan memar yang berlebihan, gunakan perban elastis.
  • Elevation. Untuk mengurangi bengkak, elevasi/angkat daerah yang cedera agar lebih tinggi dari jantung pada saat Anda istirahat. Bila letaknya di lutut, ganjal sendi lutut Anda dengan bantal agar lebih tinggi.

Jika bengkak sudah mengempis bisa menjadi pertanda baik. Memar akan hilang dengan sendirinya. Warnanya akan berubah seiring penyembuhannya. Bermula dari warna merah - biru keunguan - dan kelamaan akan menguning tanda akan sembuh.

Bila rasa sakit tak tertahankan, berikan anak ibuprofen atau parasetamol.

Jika tidak ada perbaikan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Bengkak Pada Tulang Kering. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar