Sukses

Kepala Bayi Belum Masuk Panggul

03 Sep 2018, 17:12 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok saya mau tanya kemarin istri saya check up kehamilan ke bidan kata bidan usia kehamilan istri saya sudah masuk 38 minggu tapi kepala bayi belum masuk panggul kira2 apa penyebabnya dan apakah berbahaya untuk anak dan istri saya? Dan bagaimana cara agar kepala si bayi cepat masuk? Mohon jawabannya terimakasih dok

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Biasanya, bayi mulai masuk rongga panggul pada minggu 34-36. Namun pada bayi yang belum masuk panggul masih bisa ditunggu sampai usia kehamilan 40 minggu. Induksi dilakukan bila setelah 40 minggu belum ada tanda-tanda akan melahirkan, seperti belum ada mules atau kepala bayi belum masuk pintu panggul.

Namun kepala bayi bisa saja tidak masuk sepenuhnya ke pintu panggul, hal ini disebut dengan CPD (Cephalo-Pelvic Disproportion) atau disproporsi kepala-panggul. Faktor yang mempengaruhinya ada 3, yaitu faktor panggul ibu yang sempit, faktor kepala bayi yang besar atau ukuran bayi yang besar, dan faktor plasenta yang pendek atau letaknya menutupi jalan lahir. Untuk kasus CPD ini, tidak disarankan untuk persalinan normal karena dapat membahayakan janin dan juga ibu, maka pesalinan yang dapat dipilih adalah dengan operasi caesar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar