Sukses

Seputar Demam Tifoid
03 Sep 2018, 16:27 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok saya mau tanya Tadi hasil lab saya typhi O 1/80 dan typhi B 1/80 Tolong bisa di jelas kan itu termasuk typus apa blm..??sedangkan sy td dikasih obat tp saat efek obat nya habis badan saya panas dingin muntah menggigil pusing

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter di Klikdokter.com

Halo!

Tes widal adalah untuk pemeriksaan demam tifoid dan paratifoid.

Tes widal ada 2 macam: mengukur titer O dan titer H, yang maksudnya adalah untuk memeriksa adanya antibodi terhadap antigen O (yang terdapat pada badan) dan antigen H (yang terdapat pada flagela-alat gerak) pada kuman Salmonella typhi (demam tifoid) dan Salmonella paratyphi (demam paratifoid).

Jika kuman tersebut masuk ke dalam tubuh kita, maka akan menyebabkan infeksi saluran cerna berupa penyakit demam tifoid dan paratifoid yang gejalanya kurang lebih sama.

Diperlukan peningkatan sebesar 4x dari nilai awal titer (1/80). Untuk itu, jika memang terdapat gejala yang mengarah pada penyakit demam tifoid/paratifoid, dokter biasanya akan menganjurkan pemeriksaan widal ulang 1 minggu ke depan atau menyarankan pemeriksaan yang lebih sensitif.

 Sayangnya, kami tidak bisa memastikan diagnosis demam tifoid hanya berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Diperlukan juga pemeriksaan lengkap seperti anamnesis dan pemeriksaan fisik. Selengkapnya mengenai demam tifoid bisa anda baca disini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar