Sukses

Keluar Cairan dari Telinga
03 Sep 2018, 10:36 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, saya ingin bertanya, pertanggal 21 agustus 2018 ini telinga kiri saya terasa sakit, membengkak, berdengung, terasa penuh, keluar cairan dan juga berdarah, tetapi sudah sempat berobat ke klinik n dikasih obat tetes n asam femanat, setelah itu sembuh dan tidak sakit n berdengung lagi, tetapi masih keluar cairan, namun sekarang membengkak dan nyeri lagi serta keluar cairan, pendengaran pun normal tidak seperti sakit sebelumnya, tetapi agak sedikit sakit saat menelan makanan, kira" telinga kiri saya kenapa ya dok, sudah sembuh tp sakit lagi? bagaimana mengobatinya agak tidak keluar cairan lagi ?

Terima kasih telah bertanya tentang Keluar Cairan dari Telinga melalui fitur Tanya Dokter

Dari cerita Anda, sepertinya Anda mengalami infeksi atau peradangan pada telinga tengah. Apakah sebelumnya mengalami demam disertai batuk dan pilek? Infeksi maupun peradangan pada telinga tengah sering diawali dengan batuk pilek oleh karena saluran hidung dan telinga yang berhubungan melalui tuba Eustachius. Bila lendir hidung memasuki tuba tersebut, dapat menimbulkan infeksi dan peradangan pada telinga tengah. 

Bila berlanjut, peradangan ini bisa menyebabkan cairan keluar dari telinga akibat robekan pada gendang telinga. 

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter THT agar dapat segera diatasi. Bila tidak segera ditangani, dapat terjadi komplikasi yang lebih serius dan kondisi ini menjadi sering berulang.

Demikian Penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Keluar Cairan dari Telinga. Semoga bermanfaat.

2 Komentar