Sukses

Pertanyaan - #260857

02 Sep 2018, 07:01 WIB
Pria, 17 tahun.

Maaf dok , saya ingin bertanya, jadi gini , saya merasa ada sesuatu yang mengganjal ditenggorokan saya , pada saat saya menelan ludah saya seperti sudah menelan sesuatu yang ganjal tersebut namun tetap ada , saya ingin tahu penyakit apakah ini, penyakit ini baru saya alami sekitar bulan april ini (2018). Selain itu saya melihat dalam hidung saya , ternyata konka hidung saya membesar namun saya tidak tau apa penyebab nya. Tolong berikan saran dan cara penanganan nya kalau bisa secara alami. Terima Kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sebelum menjawab kami perlu mengetahui lebih jelas mengenai yang Anda rasakan, apakah ada lendir mengalir di belakang tenggorokan, terasa berasal dari hidung? Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). PND biasanya terjadi pada penderita alergi. Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega. Makanan yang mengandung produk susu dapat mengentalkan lendir sehingga lebih terasa.

Apakah Anda penderita alergi? Apakah Anda sering mengalami bersin-bersin di pagi hari? Hidung mudah terasa gatal sekali bila terkena debu? Mata sering gatal? Apakah Anda penderita asma? Apakah ada alergi makanan? Semuanya di atas dapat menjadi tanda seseorang memiliki alergi. Konka yang membesar juga bisa disebabkan peradangan, salah satunya oleh alergi. Sebelum mengobati, tentunya diperlukan diagnosis yang tepat dari keluhan Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. 

Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat, dan hindari faktor pencetus alergi yang lain (dingin, debu, dll). Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar