Sukses

Penyebab Air Kencing Berbau

03 Sep 2018, 12:16 WIB
Wanita, 18 tahun.

Pagi dok. Saya merasa akhir2 ini di sekitar lubang vagina saya terasa gatal, tapi tidak sepanjang hari. Lalu di pagi hari setelah bangun, pipis saya berbau aneh dok. Tapi di pipis selanjutnya tidak berbau lagi, hanya pipis setelah bangun pagi yg berbau. Kira-kira ini indikasi penyakit apa ya dok? Apa ada obat yg bisa dibeli di apotek yg bisa saya konsumsi dulu? Atau obat alami? Trims dok.

Terimakasih telah bertanya seputar air kencing berbau melalui fitur Tanya Dokter.

Air kencing yang berbau dapat merupakan tanda dari berbagai kondisi yang mendasari. Bila air kencing berbau pesing dan sangat menyengat, kemungkinan terjadi infeksi saluran kemih. Bila air kencing berbau manis seperti buah-buahan, kemungkinan mengandung gula dan ini terjadi pada orang dengan diabetes. Di samping kondisi-kondisi ini, beberapa makanan (bawang putih, asparagus), dan vitamin juga bisa menyebabkan air kencing berbau.

Saran kami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan ini. Perlu digali gejala-gejala apa yang menyertai air kencing yang berbau. Di samping itu Anda juga perlu menjalani pemeriksaan urin untuk menunjang diagnosis penyebabnya. Setelah itu baru ditentukan terapi yang sesuai dengan kondisi yang mendasari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar air kencing berbau. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar