Sukses

Pertanyaan - #260339

02 Sep 2018, 07:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo Dok,nama saya heny umur 20 tahun.Saya mau bertanya Dok,dua minggu belakangan ini wajah saya terasa gatal,awalnya biasa saja,saya fikir jerawat biasa yang muncul,tapi dalam waktu dua minggu ini gatal pada wajah saya semakin melebar,terdapat ruam merah jambu,dan bintik-bintik yang sangat rapat,dan terasa sangat gatal saat terkena panas matahari.sebenarnya gatal diwajah saya ini karena apa ya Dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang ruam merah di wajah melalui fitur Tanya Dokter.

Bercak merah yang hilang timbul pada kulit anda mungkin saja terjadi akibat adanya alergi pada tubuh anda. Dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah dermatitis alergi. Keluhan tersebut akan timbul setiap kali anda terpajan dengan zat-zat penyebab alergi. Untuk itu, cara terbaik untuk mengatasi keluhan tersebut adalah dengan menghindari pajanan terhadap zat yang menimbulkan alergi. Zat yang menimbulkan alergi disebut sebagai alergen. Selama Anda masih terpapar alergen, selama itu pula risiko alergi masih ada.

Alergen dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran napas (inhalan), pencernaan (ingestan), suntikan (injektan), atau yang menempel pada kulit (kontaktan). Masuknya alergen ke dalam tubuh akan menimbulkan reaksi dalam tubuh, sehingga merangsang timbulnya reaksi alergi, yang pada diri anda berupa munculnya bercak-bercak merah pada kulit.

Bagaimana cara mengetahui zat pencetus alergi?

Terdapat berbagai macam alergen yang dapat mencetuskan terjadinya alergi seperti udara dingin, tungau debu, makanan, atau bahan-bahan tertentu. Untuk mengetahui alergen yang menjadi pencetus alergi pada diri Anda, anda dapat melakukan pemeriksaan Skin-Prick Test atau Patch Test.

Dasar dari pemeriksaan-pemeriksaan ini adalah provokasi munculnya respon alergi pada kulit yang kecil dan terkontrol. Pada skin-prick test digunakan jarum kecil dan alergen dalam jumlah yang kecil, sedangkan pada patch test digunakan tempelan yang mengandung alergen. Respon alergen yang muncul berupa kemerahan dengan/atau tanpa rasa gatal pada daerah kulit yang diperiksa.

Jika respon tersebut muncul, dapat dipastikan bahwa anda memiliki hipersensitivitas pada zat-zat tertentu yang diteskan, seperti tungau debu, makanan, atau bahan-bahan tertentu. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut Anda dapat menghindari apa-apa saja yang mencetuskan reaksi alergi pada diri Anda untuk mencegah kekambuhan keluhan Anda.

Anda dapat meminta untuk dilakukan pemeriksaan Skin-Prick Test atau Patch Test ini oleh dokter Kulit atau dokter Penyakit Dalam subspesialis Alergi dan Imunologi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait ruam merah di wajah. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar