Sukses

Pertanyaan - #260336
02 Sep 2018, 07:00 WIB
Pria, 34 tahun.

Dok anak saya berumur 15 bulan yang saya tanyakan anak saya ini tidak suka minum susu formula saat ini masih diberi asi sebagai pengganti susu formula ia hanya mau diberi minum air putih, baikah anak diusia 15 bulan hanya minum air putih dan asi saja .bolehkah anak di umur 15 bulan diberi vitamin agar nafsu makan bertambah. Trimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sulit makan pada bayi yang MPASI merupakan hal yang wajar. Bila terjadi berkelanjutan, kemungkinan terdapat hal-hal lain yang menyebabkan anak sulit makan.Penyebab sulit makan sangat bervariasi, antara lain: Penyakit/kelainan organik yang mendasari, interaksi dan faktor lingkungan dalam keluarga yang kurang mendukung, pemberian makanan yang kurang tepat, baik komposisi, tekstur maupun tatacara pemberiannya. Apabila anak mengalami kesulitan makan ada beberapa hal yang perlu dilakukan, sesuai dengan feeding rules menurut Bonnin, yaitu:

  • Jadwal makanan utama dan makanan selingan (snack) yang teratur
  • Pemberian makan sebaiknya tidak > 30 menit
  • Jangan menawarkan camilan yang lain saat makan kecuali minum
  • Lingkungan yang menyenangkan (tidak boleh ada paksaan untuk makan)
  • Siapkan serbet untuk alas makan agar tidak berantakan
  • Tidak ada distraksi (mainan, televisi, perangkat permainan elektronik) saat makan
  • Jangan memberikan makanan sebagai hadiah

 

Di usia anak Anda yang sudah 15 bulan, tidak masalah bila anak tidak mau minum sufor. Utamanya anak usia ini mendapat MPASI yang memadai dan didampingi dengan ASI sampai dengan usia 2 tahun. Pemberian vitamin boleh saja diberikan untuk melengkapi kecukupan nutrisinya, namun bukan untuk meningkatkan napsu makan. Beberapa jenis kekurangan zat gizi dapat berdampak pada indra perasa anak, misalnya kekurangan zat besi, sehingga kurang sensitif merasakan rasa pada makanan. Pemberian zat besi akan dianjurkan diberikan pada anak yang berisiko kekurangan zat besi. Pantau pertumbuhan anak Anda dengan menggunakan kurva berat badan menurut tinggi badan yang ada di KMS (kartu menuju sehat), selain itu pastikan juga perkembangannya sesuai dengan anak seusianya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar