Sukses

Pertanyaan - #260333

02 Sep 2018, 07:00 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, anak saya baru usia 2 bulan .. kok mencret terus ya .. kira2 kenapa dan bagaimana mengatasinya ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya tentang diare pada bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penting juga diperhatikan sudah berapa lama atau sudah berapa hari Anda mengalami diare ini. Apabila lebih dari 3 hari atau bahkan hingga seminggu, kemungkinan besar ada penyebab yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti infeksi bakteri.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

  • virus (paling sering)bakteri
  • infeksi parasit
  • intoleransi laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)

Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan buang air besar yang berdarah dan juga terjadi demam. 

Sudah berapa lama diare terjadi? Saat ini apakah yang dikonsumsi bayi Anda?  Apakah ASI atau yang lain? Diare sangat dipengaruh dari asupan bayi. Untuk pengobatan yang tepat dan sesuai penyebab, silahkan anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang diare pada bayi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar