Sukses

Pertanyaan - #260328
02 Sep 2018, 07:00 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dok, saya mau tanya sebulan yg lalu saya divonis terkena TBC. Saya sudah minum obat dan olahraga ringan. Saya di sarankan untuk meminum susu sapi murni. Yg membuat saya bingung apakah susu sapi murni tersebut di minum langsung tanpa di masak atau harus di masak. Karna ada yg mengatakan konsumsi susu sapi murni tanpa dimasak. Mohon penjelasanya dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Susu murni (fresh milk) adalah susu sapi yang tidak mengalami proses pengawetan kimia, dan biasa dijual dalam bentuk cair. Dalam pengertian Standar Nasional Indonesia (SNI) susu murni merupakan cairan yang berasal dari sapi sehat dan bersih, diperoleh dengan cara alami dan kandungan gizinya tidak ditambahkan atau dikurangi apapun serta belum mendapatkan perlakukan apapun.

Cara mengawetkan susu murni biasanya dengan Ultra High Temperature (UHT) dan proses pasteurisasi.  Apabila yang Anda maksud adalah susu sapi yang dijual tanpa merk oleh pedagang keliling atau susu yang baru langsung fresh didapatkan dari sapi, sebaiknya sebelum dikonsumsi direbus terlebuh dahulu, sampai mendidih untuk menghilangkan kuman-kuman yang mungkin ada. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar