Sukses

Olahrga Bagi Penderita Skoliosis
03 Sep 2018, 10:46 WIB
Pria, 25 tahun.

Halo dok, saya mau tanya.. saya merupakan penderita double skoliosis, ketika saya SMP, derajat yang sy punya, sudah diharuskan oleh dokter untuk menggunakan brace, akhirnya saya menggunakan brace, namun hanya kurang lebih setahun, karena saya merasa krg nyaman dan malu.. Lalu skrg BB saya naik banyak mjd 67kg, sehingga sy ingin berdiet dengan berolahraga di GYM setelah pulang kerja.. Dan dalam kntr pun, pekerjaan saya hanya duduk di kursi, dan kurang bergerak.. apakah dengan skoliosis saya, saya diperbolehkan diet dengan GYM ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Skoliosis merupakan kelainan tulang belakang yang melengkung ke samping; dan dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, di bagian leher (cervical), punggung (torakal), atau pinggang (lumbal). Skoliosis torakal merupakan jenis yang paling banyak ditemukan. Skoliosis sebagian besar mulai disadari pada usia remaja, dan terkadang disertai keluhan seperti nyeri punggung atau pegal yang tidak kunjung hilang, ataupun tidak memiliki keluhan sama sekali.

Skoliosis sering menimbukan keluhan nyeri terutama bila duduk atau berdiri terlalu lama, hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan struktur dan kerja otot, persendian kaku, atau terjepitnya saraf.

Derajat skoliosis dapat diketahui dengan pemeriksaan fisik dan X-Ray berbagai posisi sesuai rekomendasi dokter. Pilihan terapi akan sangat tergantung derajat skoliosis yang terjadi. Fisioterapi dan perbaikan postur tubuh juga dapat membantu mencegah skoliosis bertambah buruk.

Apabila derajat skoliosis lebih berat atau sudah menimbulkan keluhan, maka dapat dipertimbangkan penggunan orthosis (alat penyangga) ataupun operasi. Indikasi dilakukannya operasi pada skoliosis adalah :

·         Terdapat progresifitas peningkatan derajat pembengkokan >40-45 derajat pada anak yang sedang tumbuh

·         Terdapat kegagalan setelah dilakukan pemakaian alat orthosis

·         Terdapat derajat pembengkokan >50 derajat pada orang dewasa

Rasa tidak nyaman dan nyeri pada skoliosis dapat dikurangi dengan melakukan terapi fisik, pijatan, dan latihan fisik yang diawasi oleh tenaga terlatih seperti yoga dan pilates. Umumnya, berenang dengan gaya bebas disebutkan dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga mengurangi rasa pegal.

Sedangkan olahraga berikut ini sebaiknya dihindari oleh penderita skoliosis:

·         Mengangkat beban: olahraga mengangkat beban dapat meningkatkan beban pada tulang belakang dan karena bentuk tulang belakang yang abnormal akan menyebabkan otot bergerak ke arah yang berbeda. Hal ini menyebabnyak nyeri akan semakin bertambah.

·         Back bends: contohnya adalah yoga back bends. Posisi ini membuat tubuh Anda melengkung ke depan atau ke belakang.

·         Squating dan Lunges

Berikut adalah artikel terkait untuk Anda:

·         Skoliosis

·         Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar