Sukses

Efek Samping KB Suntik
03 Sep 2018, 10:46 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat malam dok, mau tanya nih.. Awalnya saya pake pil KB udh setengah tahun ga ada kendala, akhir bulan 2 saat campur sm suami malah keluar darah. Lalu konsul ke dokter puskesmas dblgny ga usah dilanjutin lg minum pilny, akhir bulan 4 saya ganti dg suntik 3 bln nah dr bln 4 smpe saat ini keluar flek trs. Sehingga setiap kali campur dg suami keluar darah, ini gimana dok? Normalkah/bahaya? Mohon jawabannya dok, terimakasih selamat malam.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda terkait gangguan haid saat ini.

Salah satu efek samping suntik KB 1 bulan yang cukup sering ialah gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang. Pada kasus Anda, siklusnya menjadi memendek. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun. Jadi, tunggu saja. Apabila siklusnya tak kunjung normal dan ini mengganggu Anda, Anda dapat mengganti metode KB yang non hormonal.

Biasanya kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

KB suntik dapat menyebabkan peningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, gangguan haid seperti bercak (bercak kecoklatan yang disebut flek) atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab gangguan tidak haid Anda disebabkan oleh efek samping kb suntik 1 bulan atau ada kondisi lain yang mendasarinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar