Sukses

Pertanyaan - #260324
02 Sep 2018, 06:59 WIB
Wanita, 45 tahun.

Pagi dokter, Sebelum pasang IUD sirklus haid saya panjang 30-35 hari dan biasanya hari ke 4 sudah selesai (hanya flex2 cokelat saja), dan biasanya hari ke 4 tsb sy sudah tidak memakai pembalut karena kebetulan sy alergi (gatal2 di pantat, ruam atau lecet di pantat). Namun sejak sy KB IUD, haid saya rutin dengan siklus 21 sd 25 hari. Dan selama 7 hari bahkan lebih haid selalu banyak (sehingga mau gak mau sy pakai pembalut hingga hari terakhir). Sekarang 1 thn sy memakai IUD. Namun bulan ini sy ada keluhan : 1. Haid sehari banyak, sehari berhenti dan berselang seling... 2. Pinggang bawah saya sakit, nyeri sekali seperti kalau hendak haid, badan sakit sekali. 3. Siklus haid terakhir 21 hari. Pertanyaan sy : 1. Apakah karena side effect IUD/IUD sy ada masalah? 2. Apakah tanda2 manapouse? Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Flek yang Anda alami dapat disebabkan karena efek samping dari IUD. Secara umum, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

  • Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit
  • Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari
  • Cairan vagina lebih banyak
  • Risiko keputihan lebih besar

Metode kontrasepsi IUD (Spiral) dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, dan setiap 6 bulan berikutnya.  Keluhan Anda yang sekarang karena lamanya haid sudah terjadi cukup lama ditakutkan dapat terjadi komplikasi seperti anemia, pada beberapa pasien ada yang mengeluhkan keluhan yang sama sehingga pemilihan kontrasepsi tipe IUD tidak dapat dilanjutkan, namun hal ini harus dipastikan kembali ke dokter Anda. Sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda kembali untuk evaluasi keluhan haid Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar