Sukses

Muka Membulat Pasca Minum Obat
03 Sep 2018, 10:47 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat malam dok. Jdi gini saya kan abis komsumsi obat penggemuk badan merek cina. Terus serelah saya komsumsi kira" 2 minggu bentuk muka saya membulat atau mooface. Jdi cara myembuhinnya gimana dok .terimakash sebelumnya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar reaksi obat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab terjadinya muka membulat/ moon face umumnya terjadi akibat mengonsumsi obat yang mengandung kortikosteroid dalam jangka panjang dan dosis besar. Kortikosteroid merupakan obat yang memiliki efek samping berat pada metabolisme tubuh, dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Namun masih mungkin juga terjadi reaksi alergi obat.

Bila terjadi reaksi obat yang tidak diinginkan, maka sebelumnya kita harus mengetahui apakah reaksi alergi obat yang dianggap mengkhawatirkan, yaitu:

·         Rasa gatal di daerah tertentu atau menyeluruh yang disertai dengan kelainan kulit, seperti bentol, kemerahan, dan kulit yang melepuh.

·         Bengkak, misalnya pada mata, bibir, atau wajah.

·         Batuk dan sesak napas.

·         Mual dan muntah

·         Tekanan darah menurun

·         Pingsan/penurunan kesadaran

·         Demam

Untuk obat yang mengatasi gejala, boleh diberhentikan. Namun sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter secara langsung.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar reaksi obat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,

 

0 Komentar

Belum ada komentar