Sukses

Seputar Anak Demam dan Muntah

03 Sep 2018, 09:34 WIB
Wanita, 40 tahun.

anak saya laki-laki 10th dr jam 17.00 panas sampe skr jam 15.00 sdh minum obat penurun panas, ga ada tanda2 panas turun. tdk ada batuk, tdk flu.. kalo habis makan muntah (sdh 2 kali muntah) sehabis makan pagi n makan siang ini.. perlu obat apakah dok?? kl misal saya ksh obat penurun panas yg lewat anus gmn dok??

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Anak Demam Dan Muntah.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagaimana dengan keadaan anak Anda saat ini? 

 

Anak menderita demam dapat disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena infeksi virus atau bakteri. Keluhan pencernaan yang umum diderita anak yang menderita demam adalah muntah. Penegakkan diagnosis tentu harus didasarkan pada pemeriksaan fisik pada anak Anda.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama pada anak yang muntah:

Berikan cairan hingga 8 jam pertama (hindari makanan padat) sampai anak tidak lagi muntah

Anda dapat memberinya air gula, air tebu atau oralit. Hindari memberikannya air putih saja. Mulailah dengan memberikan 1 sdt - 1 sdm cairan, bergantung dari usia anak setiap 5 menit atau 15-30 ml setiap 15 menit. Setelah 4 jam tanpa muntah, berikan dalam jumlah 2x lipat nya setiap jam. Jika anak Anda masih tetap muntah saat diberikan, istirahatkan lambungnya selama 1 jam dan mulai lagi dalam jumlah yang sedikit.

Berikan makanan lunak setelah 8 jam bebas muntah

Untuk anak yang lebih besar, cobalah berikan bubur, nasi tim, sup atau kentang yang dihaluskan. Untuk balita, cobalah berikan ia susu. Biasanya anak dapat mulai makan dengan normal setelah 24 jam masa pemulihan bebas muntah.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Anak Demam Dan Muntah. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar