Sukses

Keluar Cairan Berbau dari Telinga Anak

03 Sep 2018, 10:05 WIB
Pria, 1 tahun.

Dok mau tanya nih anak sya baru berumur satu tahun lebih beberapa hari ini ada tercium bau tidak sedap di telinganya sebelah kiri tpi sy diemin ajak nah setelah malam ini keluar gumpalan kotoran telinga ada juga berwarna macam anah tpi baunya luar biasa bau disertai bau yg sangat menyengat sampe sy gk tahan bau nya kira2 apa penyebabnya dok.dan mohon saran menyembuhkannya dok.terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Merujuk pada pertanyaan Anda, apakah normal anak mengeluarkan cairan dari telinga? Sebenarnya akan lebih baik jika pertanyaan ini dijawab dengan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Namun izinkan kami menjelaskan tentang apa saja kemungkinan penyebab keluarnya cairan telinga.

Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Keluarnya cairan dari telinga bisa diakibatkan adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga.

Kemungkinan besar cairan yang ada di telinga anak Anda disebabkan oleh peradangan pada telinga tengah yang bersifat akut atau tiba-tiba yang disebut Otitis Media Akut. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofaring dan faring, secara alamiah terdapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh ezim pelindung dan bulu-bulu halus yang dimiliki oleh saluran tuba eustachii.

Untuk memastikannya, diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga Anda. Karena itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT segera untuk segera diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar