Sukses

Penggunaan Masker Kulit

02 Sep 2018, 17:56 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, kulit wajah saya ini termasuk kulit wajah sensitif, jadi saya takut untuk memakai produk2 skincare yg mengandung bahan kimia. saya diberi saran untuk memakai bahan2 herbal, salah satunya cuka apel. Pertanyaannya, amankah jika kulit sensitif seperti saya ini mamakai produk herbal? Apakah tidak akan ada efek samping atau semacamnya?

Terima kasih telah bertanya seputar masker wajah melalui fitur tanya dokter

Pemilihan masker wajah harus sesuai dengan karakteristik kulit anda, oleh karena itu anda tidak bisa sembarangan menggunakan atau membuat masker wajah. Tidak menutup kemungkinan terdapat reaksi alergi pada kulit wajah dengan penggunaan berbagai bahan yang Anda sebutkan, misalkan cuka apel.

Kulit kering

Anda yang memiliki kulit kering disarankan untuk memilih masker wajah yang dapat member efek melembapkan. Biasanya, masker berbentuk hydrogel, krim, atau masker minyak hangat (warm oil mask) kaya akan kandungan pelembap. Ini membuat kulit wajah dapat terhidrasi dengan baik dan menjadi kenyal saat disentuh. Masker minyak hangat (warm oil mask) umumnya mengandung minyak zaitun, minyak almond, dan vitamin.

Kulit berminyak dan berjerawat

Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat disarankan untuk memilih masker wajah yang berasal dari lumpur (mud) atau tanah liat alami (clay). Bahan-bahan tersebut mengandung asam sitrat dan laktat yang dapat membersihkan kulit secara mendalam, dengan mengurangi kelebihan minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori.

Kulit yang mulai menua

Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun disarankan untuk memilih masker wajah yang dapat mengencangkan kulit wajah. Jenis masker tersebut adalah masker peel-off. Masker wajah jenis peel-off dan warm oil mask dapat mengencangkan kulit dan merangsang suplai darah, sehingga wajah terasa lebih segar setelah pemakaian masker.

Kulit kusam

Anda yang memiliki kulit kusam disarankan untuk memilih masker wajah yang mengandung exfoliator. Kandungan exfoliator pada masker wajah tersebut akan dengan mudah mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Jadi, jika Anda ingin kulit wajah semakin sehat, jangan sampai salah pilih masker wajah! Sesuaikan masker dengan jenis kulit Anda. Selain itu, bacalah petunjuk pada label produk sebelum menggunakan masker, misalnya waktu pemakaian masker yang dianjurkan. 

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar masker wajah, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar