Sukses

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Anak

02 Sep 2018, 18:50 WIB
Pria, 30 tahun.

Begini dok anak saya usia 3,5thun susah sekali dbersihin telinganya.bagaimana cara yang aman untuk membersihkannya agar kotorannya tidak mengering n susah untuk dihilangkan nya.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sebagai langkah awal, Anda dapat mencoba melunakkan kotoran telinga anak supaya mudah dikeluarkan. Anda dapat membeli tetes karbogliserin 10% di apotek. Teteskan 3-5 tetes di telinga yang tersumbat selama 3-5 hari. Biasanya cerumen akan keluar sendiri setelah itu. 

Meski demikian, cara terbaik untuk membersihkan kotoran telinga anak adalah mengunjungi dokter spesialis THT, terutama apabila anak Anda memiliki jenis kotoran yang menggumpal, yang dapat menurunkan kualitas pendengaran dengan cara menyumbat liang telinga. Dokter pun akan memilih terapi sesuai dengan jenis serumen. Ada kalanya Dokter akan memberikan cairan pelunak serumen dan kotoran pun akan keluar secara spontan dari liang telinga.

Dokter juga dapat melakukan irigasi dengan "membilas" telinga, yang sebelumnya sudah ditetesi dengan pelunak serumen, dengan air hangat. Kontraindikasi dari tindakan ini adalah adanya lubang di gendang telinga. Serumen pun juga dapat diangkat dengan menggunakan alat khusus apabila dirasa perlu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar