Sukses

Nyeri Sendi Siku

02 Sep 2018, 17:09 WIB
Pria, 34 tahun.

Permisi dok, saya mengalami dislokasi siku tangan kurang lebih sudah satu bulan yg lalu. Boleh kah saya melakukan aktivitas seperti push up? Karena saya merasa agak mendingan walaupun masih ada sedikit rasa ngilu dan sakit. Terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dislokasi sendi siku berarti adanya pergeseran antar  tulang lengan bawah dengan lengan atas. Tulang-tulang tersebut bergeser dari letak seharusnya. Tulang-tulang yang berada di sekitar siku dihubungkan dengan sebuah jaringan yang disebut ligamen. Ligamen berfungsi untuk menstabilkan antar tulang. Dislokasi dapat terjadi jika adanya robekan di salah satu ligamen. Jika Anda masih mengeluh nyeri siku, kami tidak menyarankan Anda berolahraga dengan berat.

Gejala yang dapat timbul adalah nyeri hebat pada daerah sendi, terkadang bisa hilangnya sensasi rasa di bawah sendi yang bergeser. Pada sendi yang bergeser dapat terjadi pembengkakan dan nyeri saat digerakkan. Diperlukan pemeriksaan radiografi (rontgen) untuk memastikan.

Pada kasus dislokasi sendi, reduksi (mengembalikan sendi ke tempat yang seharusnya) dan imobilisasi merupakan salah satu step dalam tatalaksananya. Jika reduksi secara manual tidak dapat dilakukan biasanya diperlukan operasi.

Dokter Anda menganjurkan untuk memasang gips untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya pergeseran serta mencegah sendi  tertekuk. Sehingga penyembuhan jaringan disekitarnya dapat lebih cepat. Jika hal ini tidak dilakukan bengkak pada daerah sendi akan lama sembuhnya dan Anda akan tetap merasa nyeri, karena seharusnya sendi siku Anda belum boleh mengalami banyak pergerakan. Anda disarankan untuk tidak memberi beban berat pada sendi siku Anda dan diharuskan memakai pelindung jika akan melakukan aktivitas berat.

Pada kasus dislokasi sendi dapat terjadi cedera pada pembuluh darah dan syaraf. Pada kasus dislokasi sendi siku paling sering terjadi cedera pada a.brachialis dan nervus medianus/radialis. Setelah pengobatan yang sesuai dan operasi, sendidapat kembali hampir seperti normal, meskipun nyeri terkadang masih dapat dirasakan. Pada pasien dengan dislokasi sendi, kesembuhan akan lebih optimal dengan adanya rehabilitasi.

Untuk menilai apakah terjadi cedera syaraf/tidak diperlukan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis bedah tulang (spesialis orthopedi), agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai untuk kasus Anda. Kami sarankan pula Anda untuk tidak sembarang mengurut sendi yang dislokasi karena dapat mengakibatkan perburukan. Selalu kontrol dan konsulkan kondisi Anda ke dokter yang menangani Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar