Sukses

Infeksi Sinus Preaurkular

02 Sep 2018, 17:10 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, anak kedua saya (14 bulan) memiliki sinus preauricular di kedua daun telinganya tepatnya di bagian belakang. Dan lebih besar lubang di sebelah kanan. Tadi pagi saya perhatikan di telinga kanan dekat lubang sinusnya memerah dan sampai sekarang belum hilang juga. Ada yang bilang mungkin digigit nyamuk tapi kok merahnya lama. Saya sudah bersihkan dengan kasa+rivanol karena takut itu infeksi. Saya jadi khawatir karena akhir-akhir ini berita tentang infeksi sinus preauricular sedang heboh. Mohon penjelasannya, Dok. Kira-kira anak saya masih aman atau perlu secepatnya periksa langsung ke dokter THT ya? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah timbulnya lubang kecil telinga tersebut sudah sedari lahir?

Jika da tanda kemerahan, ada nanah atau nyeri bisa jadi sudah terjadi infeksi. Bila terjadi infeksi biasanya menyebabkan daerah di depan daun telinga bengkak dan sakit yang mungkin pecah serta bernanah.

Hal ini diterapi dengan antibiotika dan dilakukan pengangkatan fistel itu seluruhnya, oleh karena bila tidak bersih akan menyebabkan kekambuhan.

Untuk itu kami menganjurkan anda untuk segera memeriksakan diri kepada dokter THT. Bila benar lubang tersebut merupakan fistel yang terinfeksi, maka infeksi perlu terlebih dahulu ditangani hingga radang mereda. Barulah kemudian dilakukan pengangkatan pada lubang fistel tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar