Sukses

Hidrokel

02 Sep 2018, 16:54 WIB
Wanita, 37 tahun.

Salam kenal dok,,saya aie,,saya memiliki putra usianya saat ini 20 bulan,,sekitar 6 bulan yg lalu putra saya operasi untuk menghilangkan hidrokelnya,,tapi sekarang saya perhatikan hidrokelnya kambuh lagi dok,,,tindakan apa yang harus di lakukan,,apakh putra saya harus operasi lagi dok

Terima kasih telah bertanya seputar hidrokel menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Hidrokel adalah penumpukan cairan yang berlebihan di rongga yang terletak di antara lapisan parietal dan viseral tunika vaginalis dari skrotum. Dalam keadaan normal, terdapat cairan di cavum vaginalis yang diimbangi reabsorbsi sistem limfatik.

Apabila terjadi gangguan pada sistem keseimbangan produksi dan absorbsi, maka dapat terjadi penumpukan cairan dan bisa bermanifestasi sebagai hidrokel. Kelainan ini ditemukan pada 80–90% bayi laki-laki. Dari jumlah tersebut, 90–95% di antaranya akan menghilang spontan sebelum usia 2 tahun.  

Terdapat beberapa penyebab hidrokel. Pada anak-anak, kelainan ini dapat disebabkan karena belum sempurnanya penutupan prosesus vaginalis, sehingga terjadi aliran cairan peritoneum ke cavum vaginalis.

Selain itu, penumpukan cairan juga disebabkan proses reabsorbsi oleh sistem limfatik di daerah tersebut yang kurang adekuat. Selain itu, hidrokel juga dapat disebabkan oleh berbagai penyebab lain seperti tumor, infeksi, atau trauma pada testis.

Prinsip utama penanganan hidrokel adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya. Pengobatan dapat dilakukan dengan metode aspirasi-skleroterapi (menyedot cairan) atau dengan pembedahan.

Pada metode aspirasi-skleroterapi, dilakukan aspirasi cairan hidrokel. Kemudian penderita akan mendapat suntikan zat sklerotik (misalkan tetrasiklin, natrium tetra desil sulfat atau urea) agar mukosa menjadi kering dan terjadi perlengketan.

Terapi lain yang dapat dilakukan adalah pembedahan, hidrokelektomi. Terapi pembedahan dipilih jika skrotum mengalami pembesaran yang bertambah cepat dan menimbulkan gejala yang tidak nyaman pada penderita.

Kami sarankan agar Anda segera membawa Anak Anda untuk kontrol ke dokter yang melakukan pembedahan hidrokel sebelumnya. Agar segera dapat ditangani dan mendapatkan tindakan yang sesuai.

Demikian informasi seputar hidrokel yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar