Sukses

Makanan Untuk Program Hamil

02 Sep 2018, 12:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok bagusnya saya konsumsi vit. Apa untuk penyuburan? Soalnya sy dan suami lagi promil sekarang sy lagi sementara mens..

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai makanan dan vitamin untuk persiapan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Apabila Anda dan suami ingin mencoba untuk mendapatkan keturunan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Bagaimana dengan hubungan seksual Anda dan suami? Hubungan seksual juga perlu dilakukan terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haidnya dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi adalah perkiraan hari pertama haid berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa tersebut.

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga cukup.

Perlu juga diperhatikan:

  1. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  2. Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  3. Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3-4 kali/minggu

Begitu Ibu mempersiapkan diri untuk hamil, sebisa mungkin untuk memulai pola makan yang lebih sehat dengan cara melakukan diet makanan yang seimbang. Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mempersiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum masa konsepsi (pembuahan terjadi) merupakan momen yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat. Masukkan dalam daftar makanan Ibu, makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan bervitamin juga mengandung asam folat.

Ibu bisa mendapatkan makanan yang bervitamin, rendah lemak dan kaya akan serat serta mengandung asam folat dengan cara memilih buah-buahan. Seperti alpukat, pisang, jeruk ataupun lainnya. Atau akan lebih praktis jika Anda dapat menikmatinya dalam bentuk jus yang nikmat, tentunya dengan memperhatikan kadar gula yang digunakan dalam jus sebelumnya untuk menghindari risiko obesitas dan diabetes.Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein

Mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran.

Kafein terdapat pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala. Sangat dianjurkan bagi Ibu untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminum obat-obatan selama masa kehamilan..

Gantilah pilhan menu Ibu kepada minuman dan makanan yang lebih bermanfaat kepada tubuh dan janin. Buah-buahan ataupun jus senantiasa dapat menjadi pilihan yang bijaksana. Karena selain lezat manisnya yang alami, dari buah, jus sekaligus dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan asam folat Ibu dan janin.

Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.

Untuk zat yang satu ini, dalam kondisi apapun Ibu sama sekali tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan adiktif seperti kokain/morfin. Jelas sekali, 90% zat terdapat pada semua Apalagi dikondisi Ibu sedang mempersiapkan keadaan kesehatan tubuh yang prima menjelang kehamilan.

Makanan khusus untuk hamil antara lain:

Zinc

Dianjurkan para calon Ibu untuk banyak mengkonsumsi zinc. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria. Zinc bisa didapat dari kerang. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena pada kerang mengandung zinc. Namun jangan asal makan kerang sembarangan, konsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Karena beberapa kondisi, kerang juga pemicu meningkatnya kolesterol jahat (LDL).

Asam Folat

Asam folat berguna untuk mencegah cacat otak dan menekan risiko munculnya cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf adalah salah satu cacat lahir yang paling banyak menyebabkan kematian bayi dan kecacatan serius. Pastikan Ibu senantiasa memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat banyak terdapat pada hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, dan buncis. Apabila asupan asam folat tidak dapat dipenuhi dari diet makanan, umumnya dokter akan memberikan tambahan suplemen asam folat di masa kehamilan.

Kalsium

Konsumsi kalsium penting untuk ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kalsium akan banyak Ibu dapatkan melalui susu, ikan, keju, produk susu lainnya, sayuran hijau, dan masih banyak lagi. Apabila kebutuhan kalsium Apabila memang masih belum dapat mencukupi kebutuhan perhari, barulah akan diberikan suplemen kalsium. Akan sangat baik apabila kebutuhan zat gizi ibu dapatkan melalui makanan alami.

Zat Besi

Pada masa kehamilan memang dapat terjadi anemia (kurang darah) karena jumlah cairan dalam tubuh Ibu memang meningkat dan juga jika mengalami mual-muntah hebat dan nafsu makan berkurang. Sehingga mengganggu asupan nutrisi termasuk bahan-bahan untuk membuat sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Anemia yang cukup parah dapat menyebabkan janin yang kecil dan juga lahir sebelum waktunya, untuk itu anemia Ibu memang perlu segera ditangani.

Selain itu, dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, melalui pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya seperti USG untuk melihat adanya kelainan pada organ reproduksi. Umumnya Dokter akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan, termasuk pemeriksaan analisa sperma untuk suami Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai makanan dan vitamin untuk persiapan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar