Sukses

Perhitungan Masa Subur

02 Sep 2018, 11:26 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat malam... Saya baru saja menikah pada tgl 20 agustus 2018 ... pda tgl 19 agustus 2018 saya haid dan meminum pil kb dikarenakan setelah menikah ada rencana menunda dulu momongan dgn alesan yg saya tdk bisa sebutkan.. tapi pada tgl 23 saya berhenti haid .. lalu malamnya suami mengajak berhubungan badan.. lalu spermanya masuk ke dalam vagina... tpi dari tgl 19 sampai dengan tgl 23 saya masih tetap minum pil kb.. apakah saya akan hamill.. dikarenakan saya sedang masa subur karna baru beres haid.. Sekian dan terimakasih.. mohon jawabannya dok.. makasihh

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya mengenai perhitungan masa subur melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid normal berlangsung antara 21-35 hari. Untuk mengetahui masa subur Anda, perlu diketahui terlebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 3 bulan terakhir.

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Adapun bila baru selesai haid seperti pada kasus Anda, itu bukanlah masa subur. Apalagi Anda sudah mulai meminum dan terus meminum pil KB.

Untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, berikut caranya:

Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.Anggap hari pertama haid Anda tanggal 17 Maret sebagai hari pertama siklus haid. Dengan asumsi siklus haid rata-rata 28 hari, maka Anda akan berovulasi tanggal (17+14) = 31 Maret. Masa subur dimulai sejak 31-2 = 29 Maret hingga 31+3 = 3 April. Jadi, masa subur Anda ialah 29 Maret hingga 3 April.

Jika Anda kesulitan untuk memperhitungkan masa subur secara manual. Silakan gunakan health tools kami di sini: Kalender Kesuburan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar