Sukses

Mengatasi Tangan Kebas Setelah Melahirkan

02 Sep 2018, 00:08 WIB
Wanita, 35 tahun.

Salam kenal dok.... Saya baru melahirkan anak ke3,tgl 5 agustus kemarin. Waktu hamil sy mengalami kebas pada ujung jari tengah,telunjuk dan jari manis. Setelah anak sy lahir kenapa jari" sy masih kebas ya dok,katanya nanti akan hilang setelah melahirkan, begitu yg saya baca. Tp nyata nya blom hilang dok,bahkan buat sy gak nyaman utj beraktivitas. Bagaimana cara mengatasinya dok? Apakah saya harus kedokter syaraf utk pengobatannya,atau di diamkan saja. Trima kasih sebelumnya....

Terimakasih telah bertanya seputar kebas menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kesemutan, kebas atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kebas terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Selain itu frekuensi nafas yang cepat, serangan panik dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kesemutan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Penyebab lain dari kebas dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik. Carpa Tunnel Syndrome adalah penyebab tersering gangguang syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan kebas dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Apabila gejala tidak mereda setelah tangan dan kaki digerakkan, saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Keluhan kebas pada telapak hingga pergelangan tangan sering dialami oleh Ibu hamil. Keadaan ini dapat disebabkan oleh adanya Sindrom Terowongan Karpal. Biasanya, sindrom ini berhubungan dengan kegiatan yang melibatkan gerakan repetitif pergelangan tangan dalam waktu yang lama.

Terowongan karpal merupakan terowongan tulang yang terbentuk dari tulang-tulang pergelangan dari tiga sisi serta jaringan ikat yang berjalan melintasi pergelangan tersebut. Pembengkakan dan retensi (tertahannya) cairan yang umum ditemui pada saat hamil dapat meningkatkan tekanan pada rongga yang kecil ini, sehingga menekan saraf medianus yang berjalan di dalamnya. Saraf medianus mempersarafi jempol, jari telunjuk, tengah, dan setengah dari jari manis. Karena itu, penekanan saraf tersebut menimbulkan gejala seperti kesemutan dan nyeri, terutama pada keempat jari tersebut, dan dapat menjalar ke atas.

Cara mengatasi rasa kesemutan dan nyeri yang ada adalah dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan yang repetitif dan membutuhkan tenaga. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat gejala memberat. Jika keluhan terutama dirasakan saat malam hari, ubah posisi tidur dan coba taruh lengan di atas satu atau dua bantal. Jangan tidur menimpa tangan. Jika terasa nyeri sewaktu bangun, goyang-goyangkanlah tangan. Jika setelah melakukan cara-cara di atas gejala tidak berkurang, konsultasilah dengan dokter Anda untuk mencari penyebab dan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar