Sukses

Hubungan Jerawat dan Haid

01 Sep 2018, 07:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Hallo dok, saya mau tanya, selama 23 tahun ini wajah saya gk pernh jerawatan, klo pun ada pling cma satu dan itu timbul pas masa menstruasi, kdng jga mlah gk ada sma sekali. Tapi sebulan terakhir ini saya tiba² jerawtan dok, jerwat kecil² dan besar tiba² muncul di wajah saya. Kira² knpa ya dok,, ?? soal ny saya risih dok, mungkin krna gk pernh jerwatan itu.. Terimakasih seblm nya dok,, 😊

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh perempuan naik dan turun selama siklus menstruasi. Sedangkan kadar hormon testosteron relatif konstan. Peningkatan kadar progesteron menstimulasi produksi sebum yaitu substansi minyak tebal yang berfungsi sebagai lubrikan kulit. Kulit juga "membengkak" dan pori-pori menutup, akibatnya sebum terkumpul di bawah kulit. Selain itu, kadar testeosteron yang lebih tinggi sekitar waktu menstruasi mengaktivasi kelenjar sebasea sehingga lebih banyak sebum dipoduksi. Wajah perempuan dapat terlihat lebih berminyak. Minyak menjadi makanan untuk bakteri P. acnes. Bakteri ini menyebabkan keluarnya jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.

Untuk terjadinya jerawat keempat faktor ini harus ada, yaitu:

  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak  untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Pori-pori kulit tertutup (baik oleh debu atau kosmetik)

Bila salah satunya tidak ada, jerawat tidak akan terjadi. 

Pengobatan jerawat ditujukan kepada semua penyebab di atas, kecuali hormonal. Sebab, faktor hormonal relatif sulit diubah. Sampai saat ini terapi hormon belum dijadikan pengobatan untuk jerawat. 

Berikut adalah tips-tips untuk mengurangi dan mencegah jerawat:

  1. Kurangi stres dengan menambah jam tidur.
  2. Batasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, terlalu berminyak, dan pedas.
  3. Ambil waktu rutin untuk berolahraga.
  4. Minum air putih 8-10 gelas/hari.
  5. Gunakan sunscreen, jika Anda mudah berjerawat, cari yang mengandung bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate octocylene, dan zinc oxide. Pastikan terdapat label noncomedogenic.
  6. Tingkatkan konsumsi asam lemak Omega-3, yang bisa didapat dari suplemen atau makanan seperti alpukat, salmon, dan tuna.
  7. Cuci muka 2-3x sehari.
  8. Bersihkan kulit Anda 3-4x/minggu dengan scrub khusus wajah, untuk mengangkat sisa-sisa kulit kering agar tidak menutup pori-pori.
  9. Bersihkan ponsel Anda secara rutin dari kuman.
  10. Hati-hati penggunaan produk di rambut. Produk-produk ini dapat menyebabkan jerawat ketika minyak yang dikandungnya terserap ke dalam kulit, terutama kulit batas rambut dan dahi. 

Kami berikan pula artikel-artikel mengenai "Jerawat" sebagai informasi tambahan:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar