Sukses

Penanganan Rhinitis Alergi

31 Aug 2018, 20:59 WIB
Pria, 26 tahun.

Sore dok,saya ingin bertanya mengenai Rhinitis Alergi.Beberapa tahun lalu, saya divonis rhinitis alergi oleh dokter.Setiap kali kambuh, saya selalu bersin", mengeluarkan ingus terus menerus, dan telinga&tenggorokan gatal sekali.Setiap kali berobat, hanya diberikan saran untuk menghindari penyebab alergi & obat berupa rhinos/rhinofed.Tapi karena obat tersebut mahal, ketika kambuh, kadang saya hanya beri intunal.Saya juga sudah berolahraga secara teratur, dan minum vitamin.Adakah cara untuk sembuh total dok? karena saya capek minum obat terus menerus. Mohon sarannya dok.Terima kasih :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat alergi), terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa. Rhinitis  alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen. Faktor yang menjadi pencetus kelainan ini bermacam-macam antara lain adalah genetik(bawaan), lingkungan(suhu,kelembaban), makanan, obat-obatan, debu, dan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan faktor pencetus. Artinya, sebagai langkah pencegahan adalah dengan mengenai alergen (pencetus alergi)anda, kemudian sedapat mungkin menghindarinya. Selain itu, perlu juga melakukan perubahan gaya hidup sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh, dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga.

Sedangkan untuk Pengobatan, di Indonesia umumnya Penyakit ini di terapi dengan penggunaan obat antihistamin seperti cetirizine, loratadine, dan CTM atau dengan kombinasi dekongestan oral seperti efedrin, pseudoefedrin, dan fenilpropanolamin. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung bila tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Apabila tidak menunjukkan perbaikan, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan  dokter spesialis THT atau dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar