Sukses

Penanganan Ankle Sprain

31 Aug 2018, 20:11 WIB
Pria, 28 tahun.

Assalamualaikum dokter. Mau bertanya soal Ankle Sprain. Istri saya jatuh dari teras kantornya pada tanggal 2 agustus. Kakinya keseleo. 5 jam setelah kejadian dia langasng ke tukang urut, hingga postingan ini dibuat saya dan istri sudah 5 kali ke tukang urut, di minggu2 pertama ada kemajuan, tapi gara2 dia masuk kerja kakinya jadi sakit lagi. Lalu kami ke tukang urut lagi dan sampai sekarang tidak ada kemajuan. Kami bingung apa lanjut berobat ke tukang urut atau beralih ke spesialis ortopedi. Apa yang seharuanya kami lakukan agar istri saya bisa berjalan dengan normal dan tidak pincang2 lagi? Mohon bantuannya bapak/ibu dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Ankle sprain adalah cedera pada pergelanga kaki Anda. Pada saat terjadi regangan yang berlebihan dengan arah yang tidak biasa, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat terjadi pada sendi :

Peregangan dan memar pada otot atau ligamen (jaringan yang menghubungkan antar dua tulang). Keadaan ini dapat dikategorikan terkilir yang ringan.

Robekan pada ligamen yang dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan memar yang lebih berat dibandingkan keadaan pertamaPutusnya ligamen menyebabkan ketidakstabilan pada sendi dan dapat ditemukan perdarahan di sekitar robekan yang tampak sebagai memar hebat. Meski tidak selalu, putusnya ligamen dapat disertai pergeseran tulang sehingga memerlukan tatalaksana intensif oleh dokter spesialis bedah tulang.

Selain itu, masih ada peregangan atau robekan pada serat-serat otot yang dapat menyebabkan keluhan serupa. Keadaan ini umumnya berkaitan dengan peregangan otot dan tendon yang berlebihan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani keseleo antara lain :

Rest (Istirahat)Kurangi aktifitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Kemudian, secara bertahap daerah yang mengalami keseleo tersebut dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.

Ice (es)Dinginkan daerah yang keseleo dengan menggunakan es yang dilapisi kain/handuk selama maksimal 20 menit dan dapat diulangi setiap 3-4 jam

Compression (penekanan)Untuk mengurangin pembengkakan lebih lanjut sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penenkanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastik.

Elevation (peninggian)Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah yang mengalami keseleo berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

Keseleo yang ringan dapat diatasi hanya dengan melakukan ke-empat prinsip penanganan keseleo yang telah disebutkan di atas dan ditambah dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, seperti obat dari golongan acetaminophen, atau NSAID.

Untuk kasus keseleo yang lebih berat dan tidak dapat ditangani dengan langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penatalaksanaan yang tepat.Karena dikhawatirkan terjadi fraktur atau patah yang tidak terlihat. Anda dapat konsultasi ke dokter specialis orthopaedi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar