Sukses

Tips Atasi Mual Saat Hamil Muda

31 Aug 2018, 11:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok mau tanya, aku lg hamil bulan pertama gimana sih cara siasatin pola makan yg rewel karna indra perasa yg udah mulai sensitif dan indra penciuman yg sensitif pula yg berujung sama nafsu makan. Trimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Selamat atas kehamilan Anda!

Mual dan muntah saat hamil terjadi karena peningkatan produksi hormon kehamilan (beta-hCG) yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, mencapai puncaknya pada minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai tubuh wanita hamil beradaptasi dengan peningkatan hormon tersebut.

Kurang lebih 80% wanita yang hamil mengalami keluhan ini. Hormon lain seperti hormon stress (kortisol), kurangnya vitamin B6 dan magnesium juga dapat membuat keluhan mual ini semakin hebat saat hamil.

Mual dan muntah saat hamil dapat terjadi sepanjang hari, terburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup.

Di bawah ini adalah tips untuk atasi mual saat hamil:

  1. Batasi/hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung seperti makanan yang asam/pedas/berminyak/berlemak. Pilih makanan yang tinggi karbohidrat atau protein, rendah lemak dan mudah dicerna. Makanan yang mengandung garam (asin) kadang membantu.
  2. Minum air jahe hangat dapat mengurangi mual.
  3. Makanlah dengan porsi sedikit namun lebih sering (5-6x sehari), dibandingkan makan 3x dengan porsi yang besar. Pada ibu hamil, perut yang kosong akan membuat rasa mual memburuk.
  4. Minum banyak air putih.
  5. Perhatikan apa saja yang memicu rasa mual. Hindari makanan atau bau-bauan yang memperburuk mual.
  6. Hirup udara segar. Buka jendela di dalam rumah maupun tempat kerja agar ventilasi udara bagus. Berjalan setiap pagi juga dapat membantu.
  7. Jangan lupa minum suplemen hamil, utamanya yang mengandung Magnesium dan vitamin B6.

Bila Anda suka mengkonsumsi makanan yang pedas, sebaiknya dibatasi atau malah dihindari. Makanan yang pedas, terlalu asam, dan juga berlemak, membuat kadar asam lambung semakin meningkat sehingga dapat memperburuk keluhan mual muntah yang dirasakan.

Apabila cara-cara di atas belum membantu, terapi seperti acupressure, akupunktur, hypnosis dan aromaterapi dapat menjadi alternatif.

Kapan harus ke dokter?

Segera kunjungi dokter apabila:

  • Mual atau muntah hebat
  • BAK sedikit atau berwarna kecoklatan
  • Sulit/tidak bisa makan dan minum
  • Terasa melayang atau ingin pingsan ketika berdiri
  • Detak jantung cepat/berdebar-debar
  • Muntah darah (merah kehitaman)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar