Sukses

Mata Merah dan Kabur Jika Lama Menatap Komputer

31 Aug 2018, 10:09 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya mw tanya,,kerja saya setiap hari penuh sllu di depan komputer.kdang penglihatan saya kabur sdkit,tyuz balik normal lgi.tyuz kdang memerah.apa kemungkinan itu mengarah ke mata minus dok?. Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami sepertinya merupakan keluhan dari kondisi yang disebut Computer Vision Syndrome/Electronic Eye Pain, di mana mata mengalami kelelahan akibat 'tegangan' yang terus menerus. Tegangan mata ini terjadi ketika melihat layar gadget seperti ponsel, laptop, tablet, maupun komputer dan televisi. 

Ketika Anda melihat pada layar televisi/komputer/gadget, mata harus fokus dan re-fokus setiap waktu. Mata harus melihat bolak-balik ketika Anda membaca dan ketika melihat perubahan gambar pada layar agar otak dapat memproses yang Anda lihat. Semua pekerjaan ini membutuhkan banyak usaha dari otot-otot mata. Selain itu, layar elektronik memberikan kontras, kedipan, dan menyilaukan mata. Ketiga hal ini membuat mata semakin lelah.

Normalnya setiap orang akan mengedip sekitar 18x setiap menitnya yang berguna untuk membantu menyegarkan mata. Ternyata ketika kita sedang menatap layar komputer, kemampuan mata untuk mengedip hanya setengahnya, sehingga mata mudah kering, merah, berair, lelah, gatal dan pedih. 

Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat. Untuk itu batasi waktu menonton TV dan waktu menggunakan gadget.

Memang belum ada bukti bahwa mata akan rusak apabila menatap layar elektronik dalam waktu yang lama. Namun, ini dapat membuat mata menegang dan menimbulkan ketidaknyamanan. Beberapa gejala yang dapat Anda rasakan ialah:

  • Penglihatan kabur
  • Penglihatan ganda/dobel
  • Mata kering, merah
  • Mata iritasi
  • Sakit kepala
  • Sakit leher atau punggung

Apabila Anda bekerja dengan komputer/gadget:

  • Bila menggunakan kacamata, pastikan kacamata atau lensa kontak Anda aman untuk melihat monitor komputer. Pastikan ukurannya, masih sesuai atau tidak.
  • Posisikan monitor komputer Anda selevel dengan mata supaya Anda tidak menunduk.
  • Gunakan anti-glare screen untuk menghindari mata silau.
  • Seringlah berkedip untuk mencegah mata kering.
  • Ikuti aturan 20-20-20. Gunakan mata untuk melihat komputer secara terbatas, hanya 2 jam dan setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat sejauh 20 kaki selama 20 detik sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.
  • Setel komputer dengan pencahayaan, kontras, dan ukuran huruf yang nyaman bagi mata Anda

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

9 Cara Menjaga Mata Agar Tetap Tajam dan Sehat!

5 Nutrisi untuk Kesehatan Mata

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

7 Cara Medis Agar Mata Tetap Fresh

Pandang Komputer Maksimal Dua Jam

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar