Sukses

Kesetrum listirk

31 Aug 2018, 10:25 WIB
Pria, 22 tahun.

dok mau nnya nih . kejadian sore ini kesetrum listrik . dan kaki sebelah langsung sakit gak bisa di gerakin . itu solusi nya gmna dok ? terimakasih dok.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Sengatan listrik atau yang lebih dikenal dengan kesetrum dapat dikatakan sebagai suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke dalam tubuh.

Sengatan listrik dapat terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Ketika tersengat lsitrik, terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita.

Tubuh dapat mengalami kerusakan akibat arus listrik yang melewatinya dan membakar jaringan (kulit, otot, saraf) atau menyebabkan terganggunya fungsi organ dalam. Arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia akan menghasilkan panas yang dapat membakar dan menghancurkan jaringan tubuh. Tanda dan gejalanya meliputi luka bakar pada kulit, kerusakan organ dalam dan jaringan lainnya, aritmia, serta gagal nafas.

Otot-otot yang kaku akibat sengatan listrik agak sulit dkembalikan fungsinya bila saraf-saraf yang mempersarafinya ikut rusak. Sebab saraf merupakan jaringan tubuh yang tidak mempunyai daya regenerasi (penyembuhan diri). Karena itu, Anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter agar penyembuhan pasca sengatan listrik dapat optimal dan dapat membuat tubuh Anda berfungsi mendekati sediakala.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar