Sukses

Penyebab Pusing dan Mual

31 Aug 2018, 09:34 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya saya mempunyai pacar dia sakit pusing sama mual tapi pusing dulu baru mual dok itu penyakit apa ya dan apa obat nya terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang pusing dan mual melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menyimpulkan kondisi yang pasangan Anda alami, kami perlu tahu apakah pusing yang dialami sifatnya berputar atau nyeri? Jika ini pusing berputar yang disertai dengan mual dan muntah, sepertinya Anda mengalami yang disebut dengan vertigo.

Vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.  Penyebab dari vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

Keadaan lingkungan seperti motion sickness (mabuk darat, mabuk laut).

Obat-obatan seperti gentamisin dan konsumsi alkohol.Kelainan aliran darah seperti pada transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah sementara ke salah satu bagian otak).

Kelainan di telinga, yaitu terdapat endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam, infeksi telinga bagian dalam, labirinitis (infeksi labirin di telinga dalam), peradangan saraf telinga, dan penyakit Meniere.

Kelainan saraf, seperti sklerosis multipel, patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya, tumor otak yang menekan persarafan ke daerah telinga dan keseimbangan.Kelainan/cedera pada tulang belakang bagian leher sehingga persarafan terganggu.

 

Namun ini hanya dugaan sementara aja, untuk memastikan keluhan pasangan Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh ke dokter spesialis saraf agar diketahu penyebab dan diberikan penanganan yang optimal. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar