Sukses

Fimosis

30 Aug 2018, 15:08 WIB
Pria, 31 tahun.

Sore Dok, saya mau tanya perihal fimosis. Beberapa bulan yang lalu anak saya di diagnosis kena fimosis dikarenakan mau pipis suka nangis dulu. Waktu itu disarankan untuk sunat, namun suami saya gak mau karena faktor mash bayi. Lepas dari itu, saya mengikuti saran dari salah satu teman kantor bahwa setiap dia pipis kompres pake air anget. Dan setelah itu, dia gak pernah kesakitan lagi. yang mau saya tanya dok, apakah ada potensi akan kumat penyakit fimosis itu dok ? terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Apakah selalu ada keluhan nyeri atau sulit buang air kecil? Apakah setelah buang air kecil ujung penis selalu tampak menggelembung? Apakah penis Anda tampak bengkok? Apakah ada keluhan nyeri saat ereksi? Jika ujung penis/saluran kecing tertutup oleh kulit penis (preputium) kemungkinan Anda mengalami fimosis.

Berdasarkan informasi yang diberikan,kemungkinan Anda mengalami mengalami fimosis. Fimosis, bisa disebabkan oleh bawaan sejak lahir (kongenital) maupun didapat, merupakan kondisi dimana kulit yang melingkupi kepala penis (kulup) tidak bisa ditarik ke belakang untuk membuka seluruh bagian kepala penis. Fimosis kongenital seringkali menimbulkan fenomena ballooning, yakni kulit preputium mengembang saat berkemih karena desakan pancaran air seni tidak diimbangi besarnya lubang di ujung preputium.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat mencoba menarik ke belakang kulit yang melingkupi kepala penis (kulup). Jika memang tidak bisa ditarik ke belakang maka Anda mengalami fimosis.

Jika fimosis menyebabkan komplikasi seperti hambatan aliran air seni, diperlukan tindakan sirkumsisi atau sunat (membuang sebagian atau seluruh bagian kulit preputium) atau teknik bedah plastik lainnya seperti preputioplasty (memperlebar bukaan kulit preputium tanpa memotongnya). Hal ini diperlukan sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi berlanjut seperti infeksi pada saluran kemih dan atau peradangan/pembengkakan pada kulup dan kepala penis (balanopostitis).

Namun diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah urologi untuk diagnosis dan penatalaksanaan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel

5 Tanda Kelainan Penis6 Gejala Penis Anda Bermasalah5 Fakta tentang Penis7 Mitos Masturbasi PriaKanker Prostat Dan Masturbasi Pada PriaDemikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar