Sukses

Mual dan Diare
30 Aug 2018, 12:18 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok perut saya sakit sekali namun tidak mules tapi kok diare, dan saya sedang menstruasi juga. terus kepala sedikit pusing, sering mual tapi tidak bisa muntah. badan pun pegal pegal, sebaiknya saya bagaiman ya dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab mual menggunakan layanan tanya dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang untuk memastikan diagnosa penyakit perlu dilakukan tahapan pemeriksaan sebelumnya, namun kami menduga yang Anda alami adalah diare akut yang dapat disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan dimana terdapat gejala diare disertai mual, muntah dan sakit kepala.

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan diare akut:

Faktor lingkungan yang kurang bersih.Faktor penyediaan air bersih yang belum memadai.Infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau parasit lainnya.Korban keracunan bahan makanan atau alergi terhadap zat dalam makanan.Penyebab diare adalah adanya kontaminasi makanan atau minuman oleh mikroorganisme patogen tertentu. Namun penyebab yang paling sering ialah rotavirus.

Penanganan diare antara lain, yang terpenting ialah cegah dan kenali tanda-tanda dehidrasi. Konsumsi banyak cairan untuk mencegah cairan yang terbuang

Dehidrasi ringan-sedang : Konsumsi banyak cairan sebagai pengganti cairan yang keluar. Konsumsi oralit untuk mengganti elektrolit yang terbuang. Hindari konsumsi serat, santan dan makanan pedas pada saat diarePada dehidrasi berat dimana terdapat gangguan kesadaran, ketidakmampuan untuk minum serta adanya diare dan atau muntah yang terus berlangsung maka dilakukan pemberian cairan melalui intravena (infus ) pada fasilitas kesehatanSelain itu, gejala demam, sakit kepala disertai diare dan mual muntah juga dapat disebabkan karena typhoid. Namun typhoid jelas disertai dengan adanya demam selama lebih dari 5 hari. Jika keluhan semakin memberat, ada baiknya segera memeriksakan diri Anda ke dokter karena diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk menunjang diagnosis dan pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar